Banjir di Kota Bima Terjang 20 Kelurahan

Mataram (Suara NTB) – Kota Bima kembali diterjang banjir, Minggu, 26 Maret 2017 akibat hujan deras yang mengguyur sejak siang. Puluhan kelurahan terendam hingga setengah meter. Jalan utama kota tak dapat dilalui aktivitas masyarakat.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Tri Budi Pangastuti menerangkan, banjir bandang menerjang Kota Bima sekitar pukul 17.30 Wita. “sekitar 20 kelurahan terkena banjir dengan ketinggian rata-rata setengah meter,” ujarnya kepada Suara NTB, Minggu petang.

Iklan

Proses evakuasi pasien di Rumah Sakit Muhammadiyah Kota Bima saat banjir bandang kembali menerjang Minggu, 26 Maret 2017.

Di kecamatan Rasanae Timur air membanjiri daerah persawahan Kelurahan Nungga, Kelurahan Kumbe, dan persawahan di Kelurahan Kodo. Di Kecamatan Raba, yang terdampak yakni Kelurahan Ntobo, Kelurahan Penaraga, dan Kelurahan Kendo. “Di sana yang terdampak areal persawahan,” sebutnya.

Kawasan lainnya dengan air setinggi setengah meter yaitu, di Kecamatan Mpunda mencakup Kelurahan Matakando, Kelurahan Panggi, Kelurahan Mande, Kelurahan Monggonao, Kelurahan Lewirato, Kelurahan Penatoi, Kelurahan Sadia, dan Kelurahan Manggemaci.

Di Kecamatan Rasanae Barat, sambung Tri Budi, daerah terdampak banjir diantaranya Kelurahan Nae, Kelurahan Dara, Kelurahan Tanjung, Kelurahan Paruga, dan Kelurahan Pane.

Dampak banjir bandang itu juga menutup akses Jalan Soekarno Hatta di Kelurahan Paruga. “Jembatan Penatoi dan Jembatan Panatoi tidak dapat dilalui,” terangnya.

Akses jalan lain yang tertutup banjir antara lain, Jalan Gatot Subroto di Kelurahan Sadia, Jalan Dana Traha yang menghubungkan Kelurahan Sadia dengan Kelurahan Manggemaci, Jalan Sultan Kaharudin di Kelurahan Dara, dan Jalan Gajah Mada di Kelurahan Sarae.

“Tetapi di Jalan Gajah Mada yang menghubungkan Kelurahan Penaraga dan Kelurahan Nae masih bisa dilalui,” kata Tri Budi. Jalan lain yang masih bisa diakses yakni Jalan Sambinae di Kelurahan Rabangodu Selatan.

Ia mengimbau masyakat untuk tetap tenang dan selalu waspada. Apabila membutuhkan bantuan, jajaran Polres Bima Kota sudah menerjunkan personel yang dipimpin langsung Kapolres, AKBP Ahmad Nurman Ismail. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here