Banjir di Bara Rendam Ratusan Rumah Warga

Tampak pemukiman warga di Desa Bara Kecamatan Woja, terendam banjir, Jumat, 8 Januari 2021.(Suara NTB/Ist Faisal)

Dompu (Suara NTB) – Bencana alam banjir kembali terjadi. Kali ini, Jumat, 8 Januari 2021 sore merendam ratusan rumah warga pada enam dusun di Desa Bara Kecamatan Woja. Intensitas hujan cukup tinggi diduga pemicu utama. Namun beruntung, peristiwa tahunan tersebut tidak sampai menimbulkan korban luka atau meninggal dunia.

Salah seorang warga terdampak, Arman dikonfirmasi Suara NTB menyampaikan, luapan air sungai akibat intensitas hujan yang cukup tinggi ini, terjadi sejak sore tadi sekitar Pukul 16.30 Wita.

Tidak saja menggenangi ruas jalan raya, kiriman air meredam ratusan rumah warga di bantaran sungai. Termasuk fasilitas umum seperti masjid dan puluhan hektar lahan pertanian yang baru saja melalui proses penanaman.

“Ini bukan kejadian pertama di Bara, cuma sekarang lebih parah dari sebelumnya karena sebagian besar rumah warga bantaran sungai terendam banjir,” ungkapnya.

Luapan air yang begitu cepat dan deras, lanjut dia, membuat sebagian warga tak bisa menyelamatkan barang berharga dan perabotan rumah tangga. Bahkan, situasi itu sempat membuat pengendara kewalahan melintasi genangan air yang sudah menutup aspal dan trotoar jalan. Meski demikian, belum ada kabar munculnya korban jiwa atau luka akibat bencana tahunan itu.

Saat ini warga dibantu aparat kepolisian dan pemerintah desa setempat, tengah mengevakuasi diri dan perabotan yang masih tersisa ke titik lain yang tidak terdampak. “Kondisi saat ini, bajir mulai surut dan warga sudah bergeser ke beberapa titik ketinggian sambil menunggu bantuan tenda pengungsian dari pemerintah,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dompu, M Jufri, ST. Si., yang berusaha dikonfirmasi Suara NTB via telepon terkait kepastian dampak bencana alam ini, masih belum memberikan jawaban. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here