Banjir Bima, Keselamatan dan Kebutuhan Warga Jadi Prioritas

Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan didampingi anggota DPRD Kota Bima, Yogi Prima Ramadhan meninjau lokasi terdampak banjir di Kelurahan Santi, Rabu, 1 Desember 2021.(Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Wakil Walikota (Wawali) Bima, Fery Sofiyan SH, meninjau wilayah terdampak banjir di Kelurahan Santi Kecamatan Mpunda, salahsatu wilayah di Kota Bima yang terdampak banjir cukup parah, pada Rabu, 1 Desember 2021.

Pantauan Suara NTB, saat meninjau lokasi terdampak banjir, orang kedua Pemerintah Kota Bima (Pemkot) Bima tersebut didampingi juga Anggota DPRD Kota Bima, Yogi Prima Ramadhan. Keduanya disambut hangat oleh warga setempat.

Iklan

Tidak hanya melihat dari dekat wilayah yang terdampak banjir, Wawali dan Yogi yang merupakan anggota DPRD Duta PAN tersebut, juga menyerahkan nasi kotak kepada puluhan warga yang rumahnya terendam banjir.

Kepada Wawali dan Yogi, warga Kelurahan Santi menyampaikan keluh kesah mereka yang kerap dihantui banjir akibat meluapnya sungai yang berada di sebelah utara Kelurahan setempat. Selain itu mereka juga berharap agar Pemerintaj Kota (Pemkot) Bima membuka posko dan dapur umum. “Kami berharap kepada Pemkot Bima bisa mencarikan solusi untuk menangani banjir ini kedepan,” harap warga.

Usai menerima keluh kesah dan harapan warga Santi, Wawali langsung berkoordinasi dengan OPD teknis terkait salahsatunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk tanggap. Salahsatunya memenuhi kebutuhan warga yang terdampak banjir. “Keselamatan serta kebutuhan warga harus diprioritaskan,” ujarnya.

Disamping itu, Wawali juga mengimbau warga agar terus meningkatkan kewaspadaan dan siaga. Warga yang terdampak banjir segera melapor ke Tim Siaga Bencana Kelurahan (TSBK) serta Pemerintah Kelurahan untuk didata dan diberikan bantuan tanggap darurat. “Tetap siaga dan tingkatkan kewaspadaan,” harapnya.

Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima, Nazamudin mengatakan banjir merendam sejumlah wilayah Kota Bima akibat intesitas hujan yang cukup tinggi sejak pagi hingga siang hari. “Intesitas hujan yang tinggi membuat sejumlah DAS meluap,” katanya.

Ia menambahkan, hingga kini pihaknya masih melakukan pendataan sehingga jumlah wilayah serta warga yang terdampak banjir belum diketahui pasti. Namun secara umum, banjir merata di Kota Bima, seperti di Kecamatan Rasanae Barat, Asakota, Mpunda, Raba dan Rasanae Timur. “Untuk bantuan tanggap darurat seperti nasi bungkus dan air bersih telah kita salurkan ke warga yang terdampak banjir,” pungkasnya. (uki)

Advertisement