Bangli Belajar Pembinaan Paskibraka ke Dispora Lobar

Sektretaris Dispora Lobar, Lalu Wira Kencana menyerahkan cinderamata kepada Sekretaris Dispora Bangli, I Nengah Wikrama. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) -Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Dispora) Bangli Provinsi Bali berkunjung ke Kantor Dispora Lombok Barat, Kamis, 14 Oktober 2021. Kunjungan rombongan Dispora Bangli dengan membawa serta para peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibra) bertujuan untuk belajar dan sharing ilmu tentang pembinaan dan pengelolaan paskibraka ke Dispora Lobar.

Rombongan Dispora Bangli yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Dikpora Bangli, I Nengah Wikrama diterima oleh Sekdis Dispora Lobar, Lalu Wira Kencana bersama jajarannya di Aula Kantor Dinas setempat. Ditemui usai acara, Sekretaris Dispora Bangli, Wikrama mengaku tujuannya berkunjung ke Lobar untuk mempererat tali silahturahmi atau simakrama antara Pemkab Bangli dengan Lobar. Mengingat sebelumnya sudah ada MoU antara dua Kabupaten itu.

Iklan

“Kami mendalami dan bertukar pikiran tentang wawasan kebangsaan. Khususnya soal pengelolaan dan pembinaan Paskib didaerah masing-masing,” ungkapnya.

Tak hanya soal urusan kedinasan, rombongan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bangli itu juga melakukan Tirta Yatra atau perjalanan spiritual ke beberapa Pura di Lobar. Dua Pura yang dikunjungi untuk melakukan persembahyangan yakni Pura Batu Bolong di Batulayar dan Pura Baliku di Gunungsari Lobar. “Kami juga menyempatkan diri melakukan persembahyangan di Pura Batu Bolong dan Baliku,” tambahnya seraya menyatakan bahwa rombongan yang dibawa berjumlah 59 orang terdiri dari PPI tahun 2021 dan PPI tahun sebelumnya.

Dari kunjungan ke Dispora Lobar itu, pihaknya mendapatkan pengembangan, pembinaan dan pengelolaan dan pengelolaan Paskibraka di tingkat sekolah. Sebab diakuinya, di daerahnya hanya pada tingkat kabupaten pembinaan itu.“Kalau di kami (Bangli) hanya ada di level kabupaten. Dan pembinaan Paskibra di level sekolah harus kita kembangkan di Bangli,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dispora Lobar, Lalu Wira Kencana menyambut baik kedatangan rombongan Dinas Dikpora Bangli Bersama PPI Bangli. Dalam pemaparannya, dirinya tidak hanya menyampaikan soal pembinaan dan pengelolaan paskibra saja, melainkan turut memperkenalkan pariwisata Lobar. Serta bagaimana tingginya toleransi antara umat Islam dan umat Hindu di Lombok ini.

“Kami juga menyampaikan soal calendar wisata di Lobar. Termasuk juga tradisi dan proses Perang Topat antara umat Hindu dan umat Islam,” ungkapnya. Terkait event Perang Topat , Wira menyatakan bahwa tradisi tersebut mungkin menjadi satu-satunya di Indonesia bahkan dunia. “Kita melakukan perang saling lempar topat (Ketupat), tapi perang itu tidak sungguhan, melainkan dilakukan dengan suka cita sebagai wujud syukur terhadap melimpahnya hasil panen petani,” katanya.

Pun dari kunjungan itu, pihaknya mendapat pelajaran bahwa di masa pandemi ini Bangli tetap melaksanakan pengibaran bendera dengan formasi full. Namun tetap dengan protokol Kesehatan yang ketat. “Kita di Lobar sudah dua kali tidak melakukan pengibaran bendera. Dan di Bangli sudah melaksanakannya. Ke depan kita harus adakan walaupun masih di masa pandemi namun prokes yang kita jalankan dengan ketat,” pungkasnya. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional