Bangko-Bangko, Jauh Tapi Memikat

Giri Menang (Suara NTB) – Pantai Bangko-bangko merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Lombok Barat. Destinasi wisata ini memang tidak terlalu banyak dikunjungi wisatawan, sebab lokasinya yang terbilang cukup jauh dari pusat kota. Hanya saja, beberapa kali pantai ini disinggahi oleh kapal-kapal pesiar.

Pantai Bangko-bangko terletak di Desa Batu Putih, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat. Berjarak 70 kilometer dari Kota Mataram. Butuh waktu hingga dua jam perjalanan dari Kota Mataram untuk mencapainya menggunakan transportasi darat.

Iklan

Selama perjalanan, pemandangan luar biasa tentu memanjakan mata. Setelah dari Lembar, wisatawan akan diberi pilihan melalui perjalanan lewat atas yang berbukit atau bawah menyusuri pantai.

“Kita memang tidak rekomendasikan untuk ajak wisatawan ke Bangko-Bangko, tapi ada saja wisatawan yang memang mau datang. Jadi kita antar saja,” kata guide asal Lombok Barat Muhaimin, di Mataram, Selasa, 3 April 2018.

Ketika memasuki kawasan Taman Wisata Alam Bangko-Bangko, wisatawan harus melewati jalan yang cukup panjang. Sehingga disarankan agar menggunakan kendaraan dengan kondisi baik dan bahan bakar yang mencukupi.

Ketika sampai di Pantai Bangko-Bangko, wisatawan akan disuguhkan dengan suasana yang asri dan aroma pedesaan masih kental di tempat ini. Wisatawan bisa menikmati waktu dengan bersantai sejenak.

Di Bangko-Bangko sendiri terdapat dua lokasi wisata. Pertama adalah Pantai Bangko-Bangko dan kedua Pemalikan yang disebut-sebut sebagai salah satu spot berselancar terbaik di dunia.

“Banyak yang mau datang untuk berselancar, mungkin karena pantainya langsung laut lepas. Jadi mereka mau cari sensasi tersendiri,” ujarnya.

Penampakan pesisir pantai Bangko Bangko memang indah. Tidak terlalu banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Namun banyak nelayan yang menepikan perahunya setelah melaut di pinggir pantai.

Pantai dengan pasir putih ini memiliki air jernih dan terlihat rumput laut dari kedalaman. Dikelilingi perbukitan khas pantai membuat suasana semakin bersahabat.

“Enaknya di pantai ini banyak orang jualan seafood. Jadi kita bisa ajak wisatawan nikmati aneka kuliner seafood khas Bangko-Bangko,” ujarnya. (lin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here