Bangga Harumkan NTB

Kamala Feodora Tirta (Suara NTB/ist)

JUARA I Nasional Putri Batik Remaja Indonesia 2021, Kamala Feodora Tirta bersyukur dan bangga mengharumkan nama daerah di tingkat nasional. Apalagi, persaingan dalam meraih sebagai yang terbaik pertama tidaklah mudah, karena harus menghadapi saingan dari seluruh Indonesia.

Kepada Suara NTB, Kamis, 18 November 2021, Feo sapaan akrab  siswi SMA Tunas Daud Kota Mataram ini senang karena berhasil membawa nama NTB dan batik Sasambo di nasional.

Iklan

‘’Tentunya ikut bangga dan terharu karena di balik sebuah prestasi ada proses yang harus dilalui. Dan Feo melalui nya dengan support  orang tua, pemerintah, sekolah juga orang-orang di sekitar Feo,’’ ujarnya.

Dirinya melihat kompetisi Puteri Batik Remaja Indonesia sebagai wadah untuk berkembang dan memperkenalkan salah satu budaya dari NTB yaitu Batik Sasambo. Terlebih, penampilan peserta dari daerah lain  cukup bagus, karena ternyata batik-batik Nusantara sangat beragam dan indah.

Di sinilah kesempatan dirinya menjalin relasi dengan mengajak berbicara peserta dari daerah lain. Terutama, bertanya bagaimana rasanya mewakili provinsi masing-masing. Dari hasil komunikasi dengan para peserta dari daerah lain membuat dirinya semakin percaya diri, karena bangga memperkenalkan batik Sasambo. ‘’Feo ingin memperlihatkan bahwa NTB memiliki budaya yang unik dan luar biasa untuk dikenal banyak orang,’’ ujarnya.

Diakuinya, setiap batik memiliki ciri khas masing-masing dan motif budayanya sendiri dan tentu saja batik Sasambo tidak kalah untuk bisa bersaing di level nasional, karena tergantung bagaimana bisa  mempresentasikan , memperkenalkan  keindahan batik NTB, sehingga orang-orang berminat.

Setelah menjadi juara, dirinya memulai dari diri sendiri seperti memakai batik di dalam kehidupan sehari hari . Termasuk  mengingatkan dan mengajak teman-temannya memakai batik, berbagi tentang keindahan batik Nusantara melalui sosial media dan memberikan edukasi tentang peran generasi muda dalam melestarikan batik Indonesia.

Meski demikian, dirinya mengharapkan pemerintah dapat terus membantu mempromosikan batik NTB apalagi sekarang akan ada event besar, yakni World Superbike yang pasti banyak wisatawan berkunjung dan di situlah kesempatan daerah untuk memperkenalkan batik NTB. (ham)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional