Bandara Sekongkang Batal Dihibahkan

Taliwang (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memutuskan batal menghibahkan bandara Sekongkang ke pemerintah pusat. Keputusan tersebut diambil Pemda KSB setelah terjadi kesepakatan dengan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang berkomitmen siap membangun seluruh kelengkapan infrastruktur dan melengkapi sarana pendukung yang dibutuhkan bandara.

“Pertemuan dengan PT AMNT di Jakarta kemarin juga kami sampaikan soal bandara. Dan Alhamdulillah mereka siap membantu kita untuk melengkapi kekurangannya,” jelas Bupati KSB, H. W. Musyafirin kepada wartawan, Jumat, 24 Maret 2017.

Iklan

Ia mengatakan, komitmen PT AMNT untuk membantu percepatan operasional bandara Sekongkang sudah pernah disampaikan sebelumnya. Hanya saja pada pertemuan terakhir perusahaan yang mengelola pertambangan di blok Batu Hijau itu kembali menegaskan komitmennya langsung kepada bupati.

“Jadi termasuk pembiayaannya nanti akan dibantu PT AMNT juga,” kata bupati.

Meski batal menghibahkan ke pusat, bupati mengaku, Pemda KSB tetap membutuhkan bantuan pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Di mana Kemenhub sendiri sebelumnya telah melakukan kegiatan survei awal ke untuk melihat kelaikan bandara Sekongkang sebelum diambil alih.

“Saya kira kita tidak bisa lepas dari dukungan pusat. Karena fasilitas bandara ini sebagian kebijakannya ada di tangan Kemenhub dalam hal ini Dirjen Perhubungan Udara,” sebutnya.

Menurut bupati, dengan beroperasinya bandara Sekongkang nanti akan menambah akses masuk ke daerah. Hal ini secara otomatis akan banyak mendukung kegiatan pemerintah dan masyarakat dan khususnya geliat investasi akan semakin banyak. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here