Baksos Kapolda NTB Bersama OKP di Kampung Nelayan Pondok Perasi Ampenan

Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal, SIK,MH beserta PJU Polda NTB dan OKP melaksanakan Baksos di kampung nelayan Pondok Perasi, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Sabtu, 13 Juni 2020. Tampak Kapolda NTB menyerahkan bingkisan sembako kepada warga. (Suara NTB/humaspoldantb)

Mataram (Suara NTB) – Kapolda NTB, Irjen Pol. Mohammad Iqbal, SIK,MH beserta PJU Polda NTB dan pimpinan Organisasi Kepemudaan serta Organisasi Kemahasiswaan Provinsi NTB melaksanakan bakti sosial ( Baksos ) dengan menyalurkan ratusan paket sembako untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Baksos ini, sekaligus dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74.

Pelaksanaan Baksos Kapolda NTB dilaksanakan di kampung nelayan Pondok Perasi, Kelurahan Bintaro, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram, Sabtu (13/6). Baksos kali ini menyasar para nelayan, warga miskin dan kaum jompo yang belum atau tidak masuk di dalam bantuan JPS pemerintah. Selain itu  Bansos juga menyasar anak – anak yang rentan terdampak Covid-19. Apalagi seperti diketahui bersama Provinsi NTB adalah peringkat kedua se Indonesia untuk provinsi dengan jumlah anak – anak yang terpapar Covid-19 setelah Provinsi Jawa Timur.

Iklan

Adapun pimpinan Organisasi Kepemudaan serta Organisasi Kemahasiswaan Provinsi NTB  yang ikut serta diantaranya yaitu KNPI NTB, GP Anshor NTB, Ikatan Mahasiswa Papua (IMAPA) Mataram, GPII Provinsi NTB, KAMMI Provinsi NTB, PMII Provinsi NTB. Kemudian Badko HMI Bali Nusra, KMHDI Provinsi NTB, HIKMAH BUDHIS, PMKRI Cabang Mataram. GMNI Cabang Kota Mataram, IMM Provinsi NTB, PGK Provinsi NTB, GMKI Mataram, BEM Unram. BEM Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, BEM UNDIKMA Mataram. BEM Univesitas 45, BEM Universitas Al Azhar (Unizar) Mataram. BEM Universitas Bumi Gora Mataram, BEM Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT), BEM Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Mataram, BEM Universitas Saraswati Mataram, BEM STAHN Gde Pudja, BEM STIKES Yarsi, BEM AMM Mataram dan BEM NW Mataram.

Dalam Baksos yang disalurkan Kapolda NTB, PJU Polda NTB bersama pimpinan Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan serta Badan Eksekutif Mahasiswa se Kota Mataram berjumlah 200 paket sembako. Setiap peketnya berisi masker, beras 5 Kg, minyak goreng 1 liter dan mi instan sebanyak 10 bungkus. Sedangkan anak – anak usia sekolah mendapatkan alat tulis beserta tas sekolah. Kemudian bagi anak-anak di bawah usia sekolah mendapatkan mainan edukasi selain masker.

Kegiatan Baksos ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah masa pandemi saat ini serta anak – anak betah beraktivitas di rumah sehingga tidak mudah tertular Covid-19.

Dalam Baksos kali ini, ada yang spesial yaitu munculnya Cosplay Lego Hero yang dibantu anak – anak menggunakan APD melawan virus Corona. Aksi teatrikal ini sebagai bentuk ajakan sekaligus edukasi bagi anak – anak agar senantiasa menjaga diri sehingga tidak tertular virus Corona.

Perlu diketahui bersama kegiatan Baksos oleh Polda NTB beserta jajaran, sebenarnya telah dimulai sejak bulan Maret 2020 lalu. Kegiatan Baksos, tidak hanya pembagian sembako namun juga membuat dapur umum di beberapa titik. Untuk bantuan sembako total seluruhnya yang telah disalurkan oleh Polda NTB berjumlah 43 ton beras yang disumbangkan dari pertama sampai selesai Hari Bhayangkara ke-74.

Kapolda NTB dalam sambutannya menyampaikan bahwa seluruh anggota Polri yang ada di NTB harus dekat dengan masyarakat dalam memberikan pengayoman perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka Harkamtibmas.

‘’Saya sebagai Kapolda NTB didukung oleh adik-adik OKP, bekerjasama dan bergandeng tangan. Kalau OKP aktif, polisi pun harus progresif dalam kegiatan gotong-royong bahu membahu dalam menghadapi pandemi Covid-19 di wilayah NTB. Kita bersatu padu bersama masyarakat meyakinkan negara bahwa NTB mampu menghadapi pandemi Covid-19 dan saya mohon doa sebagai orang baru bisa melaksanakan tugas di wilayah NTB. Kami ingin terus menyempurnakan perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat pada Hari Bhayangkara ke 74 ini,’’ ujar jenderal bintang dua ini.

Kaling Pondok Perasi, Ustad Taufik menyampaikan terimakasih atas kehadiran Kapolda NTB di wilayahnya. ‘’Ini sejarah. Ini pertama kali kehadiran Kapolda NTB di tempat kami dan kami berharap kehadiran Kapolda di tempat yang kami yang 80 persen penduduknya adalah nelayan dapat perhatian dari pemerintah dan kampung kami menjadi aman damai,’’ harapnya.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Ketua DPD KNPI NTB, Hamdan Kasim. ‘’Kami mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74,’’ ujarnya. Terkait dengan pandemi Covid-19, dengan hidup disiplin dalam menghadapi pandemi ini diyakini warga akan selamat (terhindar dari virus Corona).

Menanggapi kegiatan Kapolda dan jajaran dalam kegiatan Baksos, Hamdan Kasim memberi apresiasi yang tinggi. ‘’Seperti yang dilaksanakan pada hari ini (Sabtu lalu) dan ini menjadi teladan bagi kita semua,’’ katanya.

Kegiatan Baksos diakhiri dengan deklarasi bersama Kapolda NTB dengan OKP dan masyarakat untuk menolak hoaks, mendukung upaya percepatan pemulihan Covid-19 dan penegakan hukum serta ucapan “Selamat Hari Bhayangkara ke 74”. (*)