Bakesbangpoldagri Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan

Mataram (Suara NTB) – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) NTB pada Senin (1/8) kemarin menggelar rapat koordinasi (rakor), mengundang semua elemen masyarakat. Tujuannya mengajak para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk tetap menjaga kondusivitas masyarakat.

‘’Di sini kami mengumpulkan semua perwakilan dari lembaga maupun tokoh-tokoh untuk memberikan komitmen agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Karena sekarang ini media sosial sangat cepat memberikan pengaruh kepada masyarakat,’’ kata Kepala Bakesbangpoldagri NTB Drs. H.L.Syafi’i,MM kepada Suara NTB, di Mataram, Senin (1/8).

Iklan

Beberapa hasil komitmen yang disepakati yaitu agar setiap lembaga tidak cepat terpengaruh terhadap isu SARA yang bisa saja dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Terutama dengan perkembangan teknologi saat ini. Belum lama ini, di salah satu daerah di luar NTB terjadi perpecahan antar golongan karena adanya isu SARA yang diposting melalui sosial media.

‘’Ini yang kita antisipasi, agar hal itu tidak berdampak di NTB. Terlalu mahal harga kedamaian dan ketenteraman ini untuk dirusak dengan isu-isu provokasi,’’ ujarnya.

Bersama tokoh lintas agama, lintas etnis, tokoh pemuda, tokoh budaya, tokoh adat, dan Majelis Ulama Indonesia. Semua tokoh-tokoh penting dalam masyarakat ini diajak untuk membuat komitmen agar tidak mudah terprovokasi.

‘’Apabila terjadi ketibutan karena isu-isu di sosial media ini, dampaknya akan sangat luas. Dan itu sulit untuk diredam. Jadi kami minta agar masyarakat jangan mau diprovokasi,’’ imbaunya.

Seperti diketahui bahwa di NTB terdapat banyak etnis, budaya dan adat. Semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan rasa aman dan kerukunan dalam masyarakat.

Menjaga kerukunan menjadi tugas semua pihak, bukan hanya Bakesbangpoldagri. Sebab semua pihak terlibat secara langsung di tengah masyarakat. Setiap orang juga diminta untuk tidak mudah terpengaruh terhadap isu yang mengacu pada perpecahan. Pasalnya semua agama, adat dan budaya bertujuan untuk menciptakan rasa damai dan tenteram. (lin)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional