Awal Tahun, Tunggakan BPJS Capai Rp1,5 Miliar

Ilustrasi Data (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Asy-Syifa Taliwang, dr. Carlof, menyebutkan tunggakan BPJS di awal tahun mencapai Rp1,5 miliar sejak terakhir bayar bulan Februari. Jumlah tersebut dianggap cukup tinggi apalagi di awal tahun seperti ini, sehingga RSUD berharap agar masalah ini segera tuntas.

“Mereka terakhir bayar sekitar bulan Februari untuk tunggakan di bulan Desember dan Januari. Sementara untuk pembayaran Maret dan April kami sudah tagih tetapi belum ada progres,” ungkapnya kepada kepada Suara NTB, Jumat, 29 Mei 2020.

Iklan

Adanya tunggakan di awal tahun seperti ini, sangat disayangkan karena beban biaya terpaksa ditanggung oleh RSUD. Tentu hal itu juga menggangu pendapatan karena langsung dana yang masuk langsung dialihkan untuk menutupi pembiayaan yang belum terbayar oleh BPJS. Kendati masih ada tunggakan yang dilakukan BPJS, pihaknya tetap berupaya untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat tanpa ada perbedaan.

“Sebenarnya di awal tahun pembayaran tidak boleh macet, karena uangnya sudah tersedia. Tetapi kami tidak tau persis masalahnya sehingga masih ada tunggakan di awal tahun,” imbuhnya.

Mesti BPJS menunggak pembayaran, pihaknya menjamin tidak boleh berpengaruh kepada pelayanan yang diberikan. Karena masyarakat merupakan korban dari sistem yang dianggap belum memberikan hasil yang memuaskan. Untuk itu, pihaknya berharap BPJS segera melunasi tunggakan itu karena jumlahnya masih cukup besar untuk awal tahun. Jika tidak, maka RSUD akan kelabakan untuk menutupi pembiayaan BPJS. Tingginya tunggakan BPSJ juga menjadi catatan khusus bagi managemen RSUD karena persoalan ini selalu terulang setiap tahunnya.

“Kami tetap berharap agar management segera membayar tunggakan yang ada. Apalagi saat ini iuran BPJS juga naik sehingga tidak ada lagi alasan mereka untuk tidak membayar kewajiban,” pungkasnya. (ils)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional