Awal Tahun, KSB Catat 23 Kasus Positif Covid-19

Data infografik Covid-19 KSB per 2 Januari 2021. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengawali tahun 2021 ini tidak begitu menggembirakan. Buktinya dalam 2 hari pertama terdata 23 kasus konfirmasi baru.

Berdasarkan rilis Satgas Covid kabupaten, 23 kasus yang terkonfirmasi itu terjadi berueutan di tanggal 1 dan 2 Januari. Rinciannya pada hari pertama 13 orang dan di hari kedua sebanyak 10 orang. Masih dalam keterangan resminya, Satgas Covid KSB menyebutkan untuk 13 orang yang terkonfirmasi tanggal 1 Januari seluruhnya menjalani karantina terpusat. Yang artinya semua pasien merupakan karyawan tambang Batu Hijau yang dikarantina oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) sebelum mereka mulai bekerja.

Sementara itu, untuk 10 pasien positif di tanggal 2 Januari, Satgas mencatat dalam rilis resminya masih terdapat 1 orang lagi karyawan PTAMNT dengan status menjalani karantina terpusat di kota Mataram. Sementara sisanya 9 orang merupakan warga biasa, di mana 2 pasien tercatat merupakan anak-anak berumur 2 dan 10 tahun asal kecamatan Sekongkang. Dan mereka seluruhnya menjalani karantina mandiri di bawah pengawasan pihak RSUD Asy Syifa KSB.

Selain bertambah 23 orang positif, terdapat pula 13 pasien yang dinyatakan sembuh. Kesembuhan ke-13 pasien itu diumumkan pada tanggal 1 Januari. Pasien-pasien yang dinyatakan sembuh itu masing-masing berasal dari kecamatan Taliwang 5 orang, Jereweh 3 orang, Sekongkang 2 orang, Brang Ene 1 orang dan dari kecamatan Maluk 1 orang.

Sejauh ini total kasus positif yang masih dalam perawatan maupun isolasi sebanyak 21 orang dengan kasus terbanyak di kecamatan Taliwang, yakni 8 orang positif. Sementara total kasus Covid-19 di KSB sejak kasus pertama muncul tercatat sebanyak 201 kasus, dengan 177 orang dinyatakan sembuh dan 3 meninggal dunia. (bug)