Awal 2017, Tender Pembangunan Kantor Bupati Loteng

Praya (Suara NTB) – Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan ESDM Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menargetkan tender pembangunan Kantor Bupati Loteng yang baru akan dimulai awal tahun 2017 mendatang. Harapannya, pertengahan tahun yang sama, kegiatan pembangunan fisik gedung yang baru sudah bisa dimulai. Demikian ditegaskan, Kabid Cipta Karya pada Dinas PU dan ESDM Loteng, L. Firman Wijaya, saat dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 20 September 2016.

Saat ini pihaknya telah menyelesaikan penyusunan draf raperda rencana pembangunan kantor Bupati Loteng yang baru. Dan, sudah diusulkan untuk dibahas oleh DPRD Loteng pada tahun ini juga, sehingga tahun ini, perda pembangunan kantor Bupati Loteng sudah disahkan.

Iklan

Menurutnya, keberadaan perda pembangunan kantor Bupat Loteng penting adanya. Hal ini sebagai dasar hukum penyiapan anggaran oleh pemerintah daerah. Mengingat, pembangunan kantor pusat pemerintahan yang baru akan menggunakan pola anggaran tahun jamak.

Di mana tender proyek dilakukan hanya satu kali. Kemudian rekanan akan mengerjakan proyek sampai selesai. Selain itu, anggaran disiapkan secara bertahap oleh pemerintah daerah, selama tiga tahun. Seperti pada program percepatan pembangunan infrastruktur daerah sebelumnya.

“Dengan pola ini, ditargetkan kantor Bupati Loteng yang baru ini sudah selesai dikerjakan pada akhir tahun 2019 mendatang. Sehingga pada tahun 2020 mendatang, kantor baru sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya,’’ terangnya.

Untuk besaran anggaran pembangunan kantor baru masih akan ada penyesuaian-penyesuaian kembali. Mengingat, besaran anggaran yang ada sekarang itu sesuai hasil perhitungan pada tahun 2014 lalu. Artinya, dengan mempertimbangkan besaran inflasi dan kondisi ekonomi daerah, tentunya akan ada perubahan-perubahan besaran anggaran.

“Selama tahun 2014 sampai sekarang, jelas ada perubahan harga material. Dan, itu tentunya harus dihitung ulang. Sehingga akan mempengaruhi besaran kebutuhan anggaran pembangunan,” ujarnya.

Disinggung lokasi pembangunan kantor Bupati Loteng yang baru, Firman menegaskan, tetap di lokasi kantor Bupati Loteng yang sekarang ini. Ia pun menegaskan, belum ada rencana pemindahan lokasi pembangunan ke lokasi yang lain.

Informasi menyebutkan, untuk lokasi pembangunan kantor Bupati Loteng direncanakan akan dipindahkan ke lahan eks PTP Puyung. Pemkab Loteng saat ini tengah melakukan upaya negosiasi dengan pemerintah provinsi selaku pengelola lahan untuk bisa memanfaatkan lahan sebagai lokasi pembangunan kantor Bupati Loteng yang baru.

“Sampai sekarang, kita belum ada diskusi ke arah sana (pemindahan lokasi,red). Jadi yang pasti, lokasi tepat tidak berubah. Tetap di lokasi kantor Bupati Loteng yang sekarang ini,” tandas Firman. (kir)