Audit Program Simdes, Inspektorat Loteng Kantongi Izin BPK dan KPK

Praya (Suara NTB) – Inspektorat Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) telah mendapat kepercayaan penuh dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI serta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan audit terhadap desa-desa yang telah menerapkan program Sistem Informasi Desa (Simdes). Dengan begitu, Inspektorat Loteng bisa turun langsung melakukan audit Tanpa harus menunggu didampingi pihak dari BPK RI maupun KPK.

“Jadi BPK RI termasuk KPK sudah memberikan kepercayaan kepada kita untuk melakukan audit terhadap desa-desa yang telah menerapkan program Simdes,” aku Inspektur pada Inspektorat Loteng, Ir. L. Aswatara, kepada Suara NTB, Senin, 19 September 2016.

Iklan

Saat ini pun pihaknya sudah mulai melakukan audit terhadap desa-desa dengan capaian sudah sekitar 80 persen. Dan, diharapkan dalam bulan-bulan ini juga proses audit sudah bisa diselesaikan. “Pekan ini kita targetkan dua kecamatan selesai kita audit,” janjinya.

Dikatakannya, untuk desa-desa yang telah menerapkan Simdes sesuai aturanya audit dilakukan oleh BPK RI dan diawasi langsung oleh KPK. Tetapi oleh pihak BPK RI telah memberikan mandat dan kepercayaan kepada Inspektorat Loteng untuk menjalankan tugas tersebut.

Pihaknya berkomitmen untuk menjalankan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, diharapkan program Simdes bisa berjalan maksimal, karena diawasi secara ketat oleh BPK RI dan KPK sendiri. (kir)