Audit Laporan Keuangan, Pimpinan OPD Diminta Transparan

Lalu Alwan Basri. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan NTB mulai melakukan audit atas laporan keuangan Pemkot Mataram tahun 2020. Pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) diminta transparan dalam pemeriksaan rutin tersebut.

Inspektur Inspektorat Kota Mataram, Lalu Alwan Basri menyampaikan, audit oleh BPK merupakan pemeriksaan rutin setiap tahun terhadap pengelolaan keuangan pemerintah daerah. Pemeriksaan diawali dengan audit pendahuluan selama 30 hari. Auditor akan memeriksa dokumen, administrasi serta hasil pekerjaan. Pimpinan OPD diberikan kesempatan untuk memberikan klarifikasi bila ditemukan perbedaan.

Iklan

Setelah audit pendahuluan akan dilanjutkan dengan audit rinci. Pemeriksa mencari detail dokumen serta bukti pelaksanaan pekerjaan. “Setelah audit pendahuluan akan dilanjutkan dengan audit rinci selama 30 hari,” kata Alwan dikonfirmasi akhir pekan kemarin.

Pemeriksaan dimulai pekan kemarin. Auditor mulai turun mengecek pekerjaan maupun mengumpulkan dokumen – dokumen atas pengelolaan keuangan daerah. Pihaknya telah mengingatkan pimpinan OPD agar memberikan data dan informasi sebenar-benarnya demi kelancaran pemeriksaan. “Out put-nya nanti adalah penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP),” tandasnya.

Dari audit sebelumnya, Inspektorat telah mengevaluasi sehingga diharapkan ada peningkatan laporan keuangan daerah baik secara update, rinci dan transparan. Selain itu, ketelitian juga diperlukan agar tidak menjadi temuan. Terhadap temuan sebelumnya disampaikan Alwan, hanya bisa diselesaikan atau tindaklanjuti 92 persen. Tahun ini diharapkan mengalami peningkatan. “Kita harapkan supaya tahun ini bisa lebih meningkat lagi penyelesaian tindaklanjutnya,” harapnya.

Banyak temuan belum ditindaklanjuti karena pemeriksaan oleh BPK bertambah. Artinya, tidak fokus pada laporan keuangan saja,melainkan laporan kinerja dan lain sebagainya. Oleh karena itu,Alwan kembali mengingatkan agar pimpinan OPD memberikan informasi detail atau tida ada yang ditutup – tutupi. (cem)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional