Atur Ritme Penjemputan, SMPN 13 Mataram Siapkan Tiga Gerbang

Suasana orang tua menjemput anak-anak mereka pulang sekolah di SMPN 13 Mataram. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Hal paling krusial di luar proses belajar mengajar di saat simulasi kini ialah bagaimana mengatur ritme penjemputan siswa pulang sekolah. Dibutuhkan strategi penjemputan agar siswa tidak berkerumun.

Di SMPN 13 Mataram, mekanisme kepulangan siswa sudah diantisipasi jauh hari. Pihak sekolah telah menyediakan tiga gerbang sebagai alur lalu lintas siswa saat keluar masuk sekolah.  “Kita sudah siapkan tiga gerbang,” kata Kepala SMPN 13 Mataram, Ahmad Saehu, Rabu, 20 Januari 2021.

Iklan

Dikatakan Saehu, gerbang utama di dekat jalan raya difungsikan untuk drop zone pada waktu siswa datang. Sementara gerbang kedua kami fungsikan untuk batas penjemputan. Sedangkan gerbang ketiga difungsikan untuk waktu masuk ke halaman utama sekolah bagi siswa yang dinyatakan layak ikut belajar tatap muka (BTM).

“Sekolah kami jarak dari jalan raya cukup jauh, sehingga penerapan jarak bisa diterapkan. Sekolah kami punya tiga gerbang dengan tinggi yang berbeda,” jelasnya.

Semua mekanisme tersebut diatur agar siswa benar-benar terjaga kesehatannya. Penegakan protokol kesehatan di sekolah jadi bagian terintegrasi dari proses belajar mengajar saat simulasi, sehingga penting diperhatikan.

Selain itu kebijakan lain juga dibuat untuk para guru. Untuk mengatur ketertiban saat pulang pada waktu jam terakhir, semua guru yang mengajar tidak boleh keluar mendahului siswa sebelum semua siswa pulang.

“Mereka mendahulukan siswa untuk pulang yang jalan kaki dan menggunakan sepeda. Sedang yang dijemput dipanggil satu persatu. Ketika jemputan datang Ketika jemputan datang dan mengizinkan penjemput orang tua untuk datang ke depan kelasnya,” serunya.

Meski dengan mekanisme serba baru dan terbilang ribet, namun tidak mengurangi antusiasme siswa dan orang tua murid. Mereka sangat antusias menyambut simulasi belajar tatap muka ini, mengingat sudah terlalu lama tidak dilakukan.  “Sangat tinggi dengan diizinkannya BTM. Hal itu terlihat sampai dengan hari kelima simulasi,” paparnya. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional