Atraksi Catur Buta Semarakkan Final Turnamen Catur Mi6

Master Nasional yang juga Atlet PON XX NTB Cabor Catur, Miftahul Rahman tampak dalam posisi duduk membelakangi papan catur dalam atraksi catur buta, di partai final Turnamen Catur Mi6, di Sekretariat Mi6 Sabtu (3/7) malam.(Suara NTB/Mi6)

Mataram (Suara NTB) – Master Nasional yang juga Atlet PON XX NTB Cabor Catur, Miftahul Rahman memperagakan atraksi Catur Buta (Blind Chess) pada partai Final Turnamen Catur Mi6, Sabtu, 3 Juli 2021. Kehadiran Miftahul Rahman di Arena Turnamen Catur Mi6 diiringi oleh seorang Guide Blind Chess yakni Penuntun Jalan untuk langkah bidak Catur.

Dalam event catur buta tersebut , M. N. Miftahul Rahman melayani dua kali Eksibisi Blind Chess, yakni berhadapan dengan Direktur Mi6, Bambang Mei F dan Sekretaris Mi6, Lalu Athari Fathullah. Tanpa kesulitan, MN Miftahul Rahman memenangkannya meskipun tidak melihat papan catur.

Iklan

Atraksi ini menjadi pertunjukan yang menghebohkan para peserta dan hadirin yang mengikuti laga semifinal dan final turnamen catur Mi6 malam itu. Langkah-langkah yang diperagakan Miftahul Rahman membuat para hadirin berdecak kagum. Apalagi, setelah ia berhasil menang dalam dua pertandingan tersebut.

“Atraksi Catur Buta yang diinisiasi Percasi NTB selain untuk menghibur, juga bagian dari mengenalkan potensi atlet Catur PON NTB yang akan berlaga di tanah Papua, September,” Kata Tahir Royaldi salah seorang Pengurus Percasi NTB di sela-sela penutupan Turnamen Catur Mi6.

Tahir Royaldi menambahkan Percasi NTB di bawah kepemimpinan H. M. Samsul Lutfhi akan terus memasyarakatkan olahraga catur di NTB agar publik makin familiar dengan catur. Selain itu, Percasi NTB siap bersinergi dengan pihak manapun untuk memajukan olahraga Catur di NTB.

“Atraksi blind chess ini bagian dari strategi mempopulerkan Catur di kalangan masyarakat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Jumat malam, 2 Juli 2021 Ketua Kontingen PON NTB, Mori Hanafi juga menghadirkan Atlet Catur Putri, Yeyen Rara Bafah di arena untuk melakukan pertandingan Eksibisi Catur Simultan melawan tiga Peserta Turnamen Catur Mi6 sekaligus yakni Direktur Mi6, Bambang Mei F, Sekretaris Mi6 Lalu Athari Fathullah dan Ketua Percasi NTB, H. M. Samsul Lutfhi.

Jurnalis Suara NTB Juara

Sementara itu, Jurnalis Suara NTB, Mohammad Azhar alias Aan menjuarai Turnamen Catur Mi6 setelah mengalahkan seorang aktivis LSM, Choi dengan skors 2 – 1. Sekjend Partai Gerindra NTB, Ali Ustman Ahim merebut juara III setelah menyudahi perlawanan Pegiat Pariwisata NTB, Agus Mulyadi.

Selain hadiah untuk pemenang dan doorprize , Mi6 juga memberikan Sertifikat Turnamen Catur untuk semua peserta turnamen yang ditandatangi langsung oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Ketua Percasi NTB, H. M. Samsul Lutfhi.

“Kelak Sertifikat ini akan menjadi kenangan Indah dan Bukti Otentik jadi peserta Turnamen Catur Mi6, apalagi ada tangan asli Gubernur NTB dan Ketua Percasi NTB,” tukas Sekretaris Mi6 Lalu Athari Fathullah. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional