Atlet Panjat Tebing Rebut Medali Perak di Speed Relay Putri

Tiga atlet panjat tebing NTB,  Nurul Iqamah (kanan), Ade Irma Suryani dan Anggun Yolanda peraih medali perak di nomor speed relay putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Arena Panjat Tebing, Mimika, Papua, Kamis, 7 Oktober 2021.(Suara NTB/kontingen PON)

Mimika (Suara NTB) – Atlet panjat tebing NTB berhasil menambah perolehan medali di Pekan Olahraga  Nasional (PON) XX tahun 2021. Tambahan medali kali ini adalah medali perak yang diraih di nomor speed relay putri yang diperkuat Nurul Iqamah, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani.

Medali perak diraih tim NTB setelah tampil sebagai juara dua di final speed relay putri yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Timika, Papua, Kamis, 7 Oktober 2021. Sementara medali emas diraih Jawa Tengah (Jateng) yang diperkuat Berthdigna Devi Surya Kusuma,  Agustina Sari dan Aries Susanti Rahayu. Sedangkan medali perunggu diraih atlet Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) yang diperkuat Dyah Puspitaningthyas, Rahmayuna  Fadillah dan Sukma Lintang Cahyani.

Iklan

Manajer Tim Panjat Tebing NTB, Adi Hendra Susanto  mengatakan raihan perak tersebut menambah perolehan medali  NTB di cabang olahraga panjat tebing. Dimana sebelumnya cabang olahraga panjat tebing berhasil meraih medali emas lewat tim boulder putri yang diperkuat Nurul Iqamah, Ayu Fatullah, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani.

“Raihan medali perah hati ini menambah jumlah perolehan medali di cabang olahraga panjat tebing, karena sebelumnya panjat tebing sudah meraih satu medali emas di boulder tim putri,” ucapnya.

Dengan  raihan satu medali perak tersebut membuat tim panjat tebing NTB mengoleksi dua medali PON, yakni satu emas dan satu perak. Raihan satu emas dan satu perak ini di luar dugaan. Pasalnya panjat tebing hanya menargetkan satu medali emas di ajang multi event Nasional. Namun demikian atlet panjat tebing NTB juga berhasil meraih satu medali perak.

Selain meraih medali perak, tim panjat tebing NTB juga telah meloloskan dua atlet di nomor combined putri, yakni Nurul Iqamah dan Anggun Yolanda. Kedua atlet ini berhasil meraih tiket final setelah tampil meyakinkan di kualifikasi  nomor combined, Kamis, 7 Oktober 2021. Dimana Nurul Iqamah menempati peringkat tiga dan anggun Yolanda diperingkat delapan dari 24 peserta ikut nomor tersebut.

Setelah meloloskan dua atlet, kontingen NTB dari cabang olahraga panjat tebing masih berpeluang menambah pundi-pundi medali emas, sebab nomor combined perorangan putri merupakan nomor target. Dimana atlet andalan NTB, Nurul Iqamah menargetkan satu medali emas di nomor tersebut.

“Mudah-mudahan atlet kita bisa meraih medali emas di nomor combined perorangan putri, karena nomor ini ditargetkan satu medali emas,” terang Adi.

Untuk diketahui nomor combined perorangan putri merupakan nomor terakhir yang akan diikuti tim panjat tebing NTB di PON XX/2021. Pasalnya tim panjat tebing yang diperkuat 9 atlet telah menyelesaikan 13 nomor pertandingan dari 14 nomor yang di ikuti atlet panjat tebing di ajang multi event nasional. (fan)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional