Atlet NTB Siap Ambil Bagian di PON 2021

Ketua Kontingen PON NTB, H. Mori Hanafi (kanan) bersama Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto dan Wakil Ketua KONI NTB, M. Nur Haedin  menggelar acara Konferensi Pers di Sekretariat KONI NTB, Selasa, 7 September 2021. Mereka melaporkan kesiapan kontingen PON NTB mengikuti PON XX Papua, 2-15 Oktober 2021.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Ketua Kontingen PON NTB, Mori Hanafi mengatakan persiapan atlet NTB sudah pada tahap puncak. Pihak KONI NTB siap mengirim 106 atlet dan 40  pelatih di ajang multi event olahraga nasional itu.

“Atlet NTB sudah siap delapan puluh persen. Saat ini persiapan atlet sudah masuk pada tahapan persiapan puncak,” ucap Ketua Kontingen PON NTB, H. Mori Hanafi dalam acara konferensi pers di Sekretariat KONI NTB, Selasa, 7 September 2021.

Iklan

Pernyataan ini disampaikan Mori untuk memberikan informasi kepada publik bahwa kontingen NTB siap mengikuti PON XX di Papua, 2-15 Oktober 2021. Hadir dalam acara tersebut Ketua KONI NTB, H. Andy Hadianto, Wakil Ketua KONI NTB, M. Nur Haedin, Ketua Bidang Humas KONI NTB, Dr. Kadri.

Mori melaporkan, jumlah atlet NTB yang akan mengikuti PON Papua XX/2020 sebanyak 106 orang. Sedangkan pelatih sebanyak 40 orang. Ratusan atlet itu akan ambil bagian di sebanyak 19 cabor dari 37 cabor yang dipertandingkan di PON XX/2021.

Ada pun cabang olahraga yang diikuti nanti adalah atletik yang diperkuat 15 atlet, terdiri dari 11 atlet putra dan 4 atlet putri, selanjutnya panjat tebing diperkuat 9 atlet yakni 5 putra dan 4 putri. Kemudian di tarung derajat diperkuat 6  atlet, 4 putra dan 2 putri, futsal diwakili 14  atlet.

Kemudian biliar  1 putra, tinju 9 atlet, 2 putra dan 7 putri, voli pasir diperkuat 8  atlet, 4 putra dan 4 putri, tenis lapangan 8 atlet terdiri dari 4 putra dan 4 putri, karate: 2 atlet (1 putra dan 1 putri), selam laut  1 atlet putra, taekwondo 1 atlet putri, menembak 11 atlet (4 putra dan 7 putri), kempo 8 atlet, 5 putra dan 3 putri, muay thai  1 atlet putra, gantole: 1 putra, renang 1 atlet putra dan pencak silat 1 atlet putra. Sedangkan di catur diperkuat 6 atlet, terdiri dari 5 atlet putra dan 1  atlet putri serta balap motor diperkuat 3 atlet putra. “Total atlet semuanya  terdiri 66 atlet putra dan 40 atlet putri,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KONI NTB, H. Andy Hadianto menambahkan bahwa 106 atlet NTB ini akan turun di 115 nomor pertandingan. NTB menargetkan 17 medali emas. Target ini lebih tinggi dari target NTB di PON Jabar 2016 yakni sebanyak 15 medali emas. Dan meraih 11 medali emas, 8 perak dan 18 perunggu.

Dari 19 cabor yang diikuti, terdapat kurang lebih 10 cabor menjadi unggulan NTB untuk meraih target 17 medali emas. Diantaranya atletik, tinju, tarung derajat, karate, kempo,menembak, panjat tebing, voli pasir dan balap motor. “Kita optimis NTB dapat meraih target 17 medali emas” ucap Andy dengan penuh optimis.

Dijelaskan Andy, pelaksanaan PON Papua berbeda dari PON Jabar. Venue pertandingan dibagi dalam empat kluster. Yakni kluster Kota Jayapura, Kluster Kabupaten Jayapura, Kluster Mimika, dan Kluster  Merauke.

Klaster Kota Jayapura terdiri dari voli pasir, tinju, tenis lapangan, selam laut, karate, dan taekwondo. Kemudian kluster Kabupaten Jayapura cabor kempo, menembak, muaythai, gantole, renang, dan pencak silat. Selanjutnya kluster Kabupaten Mimika terdiri dari atletik, futsal, panjat tebing, biliar, dan tarung derajat. Sedangkan kluster Kabupaten Merauke catur dan balap motor. (fan)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional