Atlet Mulai Merasakan Kesulitan Keuangan

Yan Bahtiar (Suara NTB/ist)
top ads

Mataram (Suara NTB) – Pandemi virus Corona (Covid-19)  hingga saat ini belum juga berakhir. Hal ini dapat mengakibatkan atlet kesulitan keuangan karena  sejumlah event nasional tak  dapat di selenggarakan karena Covid-19.

Atlet Triathlon NTB, Yan Bahtiar kepada Suara NTB di Mataram, Rabu, 6 Mei 2020 mengatakan kondisi Covid-19 benar-benar berpengaruh pada kondisi finansial atlet. Diakuinya sejumlah atlet  saat ini mengalami kesulitan  keuangan karena tak pernah mengikuti event nasional.

Iklan

“Kalau tidak ada event sampai akhir tahun ini kemungkinan banyak atlet yang akan pusing. Mungkin mereka bisa pensiun dini jadi atlet,” ucapnya.

Yan Bahtiar yang biasa disapa Yan mengatakan bahwa sumber penghasilan terbesar atlet ada di saat mengikuti event. Pasalnya lewat event itu Meraka mendapatkan hadiah yang relatif besar dan mendapat hadiah dari sponsor. Seperti dirinya ketika mengikuti event selalu membawa pulang hadiah  minimal Rp5 juta setiap eventnya.

Bagi Yan, uang hadiah yang didapatkan itu bisa digunakan untuk kebutuhan latihan dan sebagiannya. Namun demikian di tengah Covid-19 mereka kesulitan finansial untuk berlatih karena pendapatan berkurang.

Kondisi Covid-19 yang berkepanjangan dinilai Yan dapat merusak mental atlet, dalam hal ini  atlet bisa  putus harapan untuk menjadi atlet karena tak lagi mampu membiayai kebutuhan sehari-hari.

Terkait dengan Covid-19 yang sudah berlangsung cukup lama pemerintah diharapkan dapat memberika  perhatian finansial  untuk atlet.  Pasalnya bila atlet berhenti latihan maka  NTB akan kehilangan banyak atlet nasional. (fan)

  19 Perenang Cilik NTB Ikuti Turnamen di Bali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here