Atensi Masalah Banjir, KSB Terima Bantuan Rp 25 Miliar

Taliwang (Suara NTB) – Pemda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendapat bantuan sekitar Rp 20 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) untuk merevitalisasi beberapa sodetan sungai.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab setempat untuk melakukan penanggulangan dini terhadap bencana banjir yang kiranya akan terjadi.

Iklan

Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, Kepada wartawan, Sabtu (11/2/2017) menyebutkan, dalam

pengentasan masalah banjir, Pemkab Sumbawa Barat sudah mengusulkan proposal bantuan sekitar Rp. 225 miliar ke Kementerian PU-PR. Namun untuk bantuan tersebut, baru bisa digulirkan pada tahun 2018 mendatang sebagai proses jangka panjang. Sementara untuk proses jangka pendeknya (2017) Pemkab Sumbawa Barat sudah menerima anggaran langsung sekitar Rp. 25 miliar oleh Kementerian.

Disebutkan wabup, anggaran sekitar Rp. 25 miliar tersebut, direncanakan untuk merevitalisasi sodetan sungai ke arah danau lebo. Sehingga air yang berasal dari dua sungai besar di KSB (sungai Brang Rea dan Brang Ene) akan dibuang terlebih dahulu ke danau Lebo.

Selain itu, sedimentasi yang terjadi di lokasi sodetan tersebut juga akan dikeruk sehingga air luapan dari sungai tersebut bisa tertampung secara maksimal.

“Saya kira Rp. 25 miliar tersebut sudah cukup untuk tahap pertama pengentasan masalah banjir ini,” sebut wabup. Sembari menunggu adanya kejelasan proposal yang sudah diajukan oleh Pemkab setempat dalam mengatensi masalah ini. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here