Atasi Krisis Air Bersih, Bupati Apresiasi Pamsimas di Sumbawa

Kepala Balai PPW NTB berpose bersama Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Sumbawa dan jajaran Dinas PRKP Sumbawa.(Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Bersamaan dengan serah terima kawasan Lembi, dilaksanakan serah terima Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) Reguler Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), kepada Bupati Sumbawa, Senin, 21 Desember 2020.

Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril, B.Sc., menyambut baik hal ini. serah terima kedua program ini. Kabupaten Sumbawa dalam 5 tahun terakhir menjadi salah satu kabupaten yang serius menjalankan program ini. Dengan total 57 desa sasaran, terdiri dari 46 desa APBN dan 12 desa merupakan sharing APBD. Pada tahun 2020 ini, Kabupaten sumbawa mendapatkan 5 desa APBN, 1 desa dari dana Hibah Insentif Desa (HID) dan 2 desa dari sharing APBD.

Hal itu pun menurut Bupati telah membuahkan hasil. Keberhasilan itu dibuktikan dengan adanya program keberlanjutan dari Pemerintah Pusat berupa program hibah air minum perdesaan. Dimana program ini bertujuan untuk mempermudah akses terhadap air bersih dalam bentuk sambungan rumah. Lengkap dengan watermeter di masing-masing rumah. Untuk kriteria masyarakat berpenghasilan rendah.

Kabid Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan Dinas PRKP Sumbawa, Erma Hadi Suryani S.T, berharap program Pamsimas agar lebih aktif dalam pemeliharaan.  Dari program ini, desa akan mempunyai sumber pemasukan lain.  “Itu yang diharapkan. Jadi program ini berkesinambungan dan berkelanjutan. Bahkan untuk tahun depan, juga akan diusulkan untuk 15 desa,” pungkasnya. (arn/ind)