Astra Motor NTB Gelar Webinar Safety Riding bersama Kasat Lantas Polres Lobar

Astra Motor NTB Gelar Webinar Safety Riding bersama Kasat Lantas Polres Lobar

Mataram (suarantb.com)– Astra Motor NTB melalui tim Safety Ridingnya terus berupaya untuk menggaungkan keselamatan berkendara melalui berbagai sarana media sosial dan platform. Pada Sabtu 19 September 2020 Astra Motor NTB berkesempatan menggandeng Satlantas Polres Lombok Barat untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa Universitas Mataram dengan tema yang bertajuk “Sarjana #Cari_Aman Meraih Impian. Edukasi Safety Riding melalui webinar ini diikuti oleh sedikitnya 100 orang peserta dari berbagai jurusan. Ditengah sesi webinar juga diselipkan kuisis dengan hadiah Honda appareal yang semakin menambah interaktif dan keseruan dalam webinar.

Marketing Sub.Dept Head Astra Motor NTB, Kresna Murti Dewanto mengatakan, sebagai pelopor keselamatan berkendara, Astra Motor NTB berkomitmen untuk tetap konsisten berbagi ilmu cara berkendara yang aman guna menekan angka kecelakaan lalu lintas.
“Kebanyakan pengendara sepeda motor itu adalah remaja usia sekolah. Secara usia mereka sudah mendapat surat ijin mengemudi (SIM), namun yang disayangkan pengetahuan tentang cara berkendara yang aman dan benar baik untuk keselamatan diri sendiri maupun orang lain masih belum dipahami. Selain itu, banyak sekali remaja yang mengendarai sepeda motor secara ugal-ugalan, hingga menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, dalam kesempatan ini kami menggandeng Satlantas Polres Lombok Barat untuk memberikan edukasi keselamatan berkendara khususnya ditengah masa pandemi seperti saat ini,” ujar Kresna.
Webinar yang dipandu oleh I Gede Swana Panca Putra selaku Safety Riding Officer Astra Motor NTB, menjelaskan bahwa di tahun 1990an kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian nomor 9 di dunia. Dan menurut WHO di tahun 2020 ini, faktor penyebab kematian akibat kecelakaan lalu lintas meningkat tajam menjadi urutan nomor 3 setelah penyakit jantung dan tekanan katup tunggal utama.
“Dan berdasarkan data Kementerian Perhubungan RI, korban kecelakaan lalu lintas di Indonesia sebagian besar adalah usia produktif yaitu pada usia 16-50 tahun,” jelas Swana.
Pada kesempatan yang sama, dijelaskan juga Iptu Rita Yuliana, S.I.K,M.M selaku Kasat Lantas Polres Lombok Barat, sebelum bepergian jangan lupa cek perlengkapan berkendara.
“Seperti helm, jaket, spion lengkap dan jangan lupa untuk membawa surat-surat kendaraan. Serta patuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, membawa handsinitizer dan tetap menjaga jarak dengan pengguna jalan raya lainnya. Harapannya dengan kedisiplin kita bersama mampu mengurangi angka kecelakaan lalu lintas dan tentunya dengan mematuhi protokol covid dapat menghambat penularan. Mari bergotong-royong untuk saling membantu melawan covid mulai dari diri kita sendiri,” tutup Rita.(bul)

Iklan