Astra Financial Bantu Ventilator untuk Penanganan Covid-19 di NTB

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dikes NTB dr Hj Nurgandini Eka Dewi saat menerima kunjungan Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Nusra I Made Aria Kusuma, BM FIFGROUP Mataram Hendriyanto, dan Korwil Astra Group Affiliated Companies (AFFCO) Mataram Thomy Arga dan Perwakilan Asuransi Astra Buana (AAB) Mataram I Made Dwi Parama Putra, Rabu, 23 September 2020.(Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Astra Financial, sebagai salah satu dari tujuh divisi bisnis yang ada dalam Grup Astra di bawah PT Astra International Tbk memberikan bantuan ventilator untuk mendukung penananganan Covid-19 di NTB. Bantuan diserahkan kepada Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB dr Hj. Nurhandini Eka Dewi, di Kantor Gubernur NTB pada Rabu, 23 September 2020.

Hadir dalam penyerahan tersebut, Kepala Wilayah (Kawil) FIFGROUP Nusa Tenggara I Made Aria Kusuma, Branch Manager (BM) FIF Group Mataram Hendriyanto, dan Koordinator Wilayah (Korwil) Astra Group Affiliated Companies (AFFCO) Mataram Thomy Arga B.P. dan Perwakilan Asuransi Astra Buana (AAB) Mataram I Made Dwi Parama Putra. “Kami berterima kasih dengan bantuan dari Astra Financial untuk penanganan Covid-19,” kata Gubernur Zulkieflimansyah.

Iklan

Sementara itu, Director In Charge (DIC) Astra Financial Suparno Djasmin mengatakan di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Astra benar-benar merasa terpanggil dengan kondisi saat ini. Pemberian ventilator pertama dari Astra Financial telah diserahkan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo 9 September sebanyak 5 unit. Tahap kedua telah diserahkan kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi 14 September 2020.

Penyerahan ketiga 16 September 2020  kepada  Walikota Singkawang, Tjhai  Chui Mie sebanyak 1 unit. Penyerahan keempat 18 September 2020 dan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Sebelumnya, 27 April 2020, Grup Astra di bawah komando PT Astra International Tbk pada tahap pertama telah membagikan 30 ventilator kepada 3 rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 di Jakarta. Yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (5 unit).

Kemudian, 10 ventilator sudah disalurkan ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua pada Bulan Juni – Juli lalu. Astra Financial membantu menyerahkan 2 unit ventilator di Sumatera Utara. Dalam waktu dekat akan diserahkan juga 2 ventilator dari dana sosial syariah PT Federal International Finance (FIFGROUP) yang akan dibagikan kepada masyarakat Bali.

“Sesuai dengan arahan Astra International Tbk, kami kebagian 15 unit ventilator untuk diserahkan kepada pihak yang membutuhkan dalam merawat pasien Covid-19. Ini merupakan kontribusi dari perusahaan Astra Financial, yaitu PT Federal International Finance (FIFGROUP), PT Astra Sedaya Finance (ACC), PT Asuransi Astra Buana (Asuransi Astra), dalam membantu masyarakat di masa pandemi ini,” tutur Suparno.

Untuk bantuan yang terdampak Covid-19 di Indonesia, Astra Financial juga mendukung program antara lain, memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak mulai Bulan April 2020, yaitu 10.000 paket sembako senilai Rp 2 miliar.

Rincian bantuan yang telah dilakukan oleh Astra Financial, yaitu pembagian sembako FIFGROUP dalam rangka turut membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 dengan menyalurkan 45.300 paket sembako @Rp200.000 (senilai Rp9,06 miliar) di 620 titik di seluruh Indonesia dari tanggal 07 April 2020 – 20 April 2020. Sehingga selama bulan April 2020 saja total paket sembako yang diserahkan Astra Financial sebesar 55.300 paket atau senilai Rp11,06 miliar.

Lima Lembaga Jasa Keuangan (LJK) dalam Astra Financial (PT Astra Sedaya Finance – ACC, Asuransi Astra Buana – Asuransi Astra dan PT Toyota Astra Financial Services – TAF, PT Komatsu Astra Finance – KAF, PT Surya Arta Nusantara Finance – SANF), secara bertahap telah menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 sebanyak 12.590 @Rp200.000 (senilai Rp2,518 miliar), sehingga total yang diserahkan seluruh Astra Financial per 12 Mei 2020 mencapai 67.890 paket (senilai Rp13,578 miliar). (bul/*)