ASN Pemprov NTB Galang Dana untuk Rakyat Palestina

Sekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi menerima massa aksi yang tergabung dalam Koalisi Rakyat NTB Bela Palestina di depan Kantor Gubernur, Jumat, 21 Mei 2021. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Ratusan massa menggelar aksi damai bela Palestina di Kantor Gubernur NTB, Jumat, 21 Mei 2021. Massa aksi yang terdiri dari puluhan elemen masyarakat ini diterima Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M. Si., mewakili Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc., yang sedang berada di Sumbawa, menjenguk orang tuanya sedang sakit.

Sekda mengatakan, Pemprov NTB mengutuk keras serangan Israel ke Palestina. Sikap Pemprov sama dengan Pemerintah Pusat yang juga mengutuk serangan Israel ke Palestina.

Iklan

‘’Pemprov NTB bagian integral dari NKRI mengutuk kejadian yang ada di Palestina demi Ketuhanan Yang Maha Esa dan Kemanusiaan yang adil dan beradab, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan dan dihentikan.Ini komitmen jelas, konstitusional,’’ tegas Gita.

Ia mengatakan, apa yang dirasakan rakyat Palestina juga dirasakan masyarakat NTB. Sebagai bentuk kepedulian, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemprov NTB menggalang dukungan dana dan terkumpul sebesar Rp150 juta.

“Penggalangan dana ASN mulai kemarin. Alhamdulillah sudah tergalang Rp150 juta. Penggalangan dana di ASN sedang berproses. Dan sekarang baru Rp150 juta terkumpul,” sebutnya.

Gita mengatakan penggalangan dana untuk rakyat Palestina dari ASN lingkup Pemprov NTB akan terus dilakukan. “Target sebanyak-banyaknya dengan kondisi terbatas ini. Kita lakukan seikhlas-ikhlasnya,” tandasnya.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M. Sc., mengutuk keras serangan Israel ke Palestina. Atas nama pribadi dan Pemprov NTB mengutuk keras serangan Israel ke Palestina.

Gubernur mengatakan sikap yang diambil Pemprov NTB atas nama kemanusiaan. Politisi PKS ini menegaskan, serangan yang dilakukan Israel kepada anak-anak, wanita dan tempat ibdah tidak bisa dibenarkan dan di luar akal sehat manusia.

Ia juga mengapresiasi langkah-langkah yang ada di NTB dan seluruh masyarakat di  Indonesia. Bukan hanya menyebarkan pesan di media sosial, tapi melakukan langkah-langkah nyata.

Ada yang mengumpulkan donasi untuk membelikan ambulans yang sangat dibutuhkan rakyat Palestina. Ada juga yang mengumpulkan dana untuk memperbaiki rumah-rumah yang hancur berantakan.

Sementara itu, Panglima Aksi Koalisi Rakyat NTB Bela Palestina, H. M. Agus Setiawan membacakan tuntutan massa aksi di depan Sekda NTB. Tuntutan tersebut antara lain mengecam seluruh tindakan Israel beserta sekutunya.

Kemudian, meminta kepada Pemerintah Pusat, agar mendesak  Perserikatan Bangsa – Bangsa (PBB) untuk menarik tentara Israel dari tanah Palestina. Selain itu, Pemerintah Indonesia juga  harus membuat pernyataan sikap dukungan kepada rakyat Palestina.

Massa aksi juga meminta DPRD NTB membuat pernyataan sikap dukungannya kepada rakyat Palestina. Serta mendorong Gubernur  membentuk tim pengelola bantuan untuk Palestina secara satu pintu dari seluruh masyarakat NTB. (nas)

Advertisement