ASN Lobar Pendonor Darah 100 Kali Raih Penghargaan dari Presiden Jokowi

Rully Mahendara menerima kue pertama dari Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid atas dedikasinya 100 kali mendonorkan darah. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Rully Mahendara, salah seorang ASN di Lombok Barat (Lobar) meraih Satyalancana Kebaktian Sosial dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkat dedikasi mendonorkan darahnya 100 kali. Ia pun menjadi tamu kehormatan pada acara Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia Lobar ke – 75.

Salah satu Kepala Sub Bagian di Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan ini dipanggil oleh Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid untuk menerima kue pertama bertempat di Seaview Hotel Aruna Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Sabtu, 19 September 2020.“Kue pertama akan saya berikan kepada Bung Rully Mahendara yang kebetulan ada di sini sebagai penghormatan karena telah mendonorkan darahnya lebih dari seratus kali,” ujar Bupati Fauzan.

Iklan

Sedikit grogi, Rully, sapaan akrabnya, maju menerima kue dari bupati. “Surprise sekali di sela-sela sedang menjalankan tugas mendampingi pimpinan,” ujar PNS di Kabupaten Lobar ini yang mengaku sedang menvideokan bupati yang memotong kue saat tiba-tiba namanya disebut.
Di temui usai acara, Rully mengaku sudah mulai mendonorkan darahnya sejak usia 17 tahun yaitu sekitar tahun 1992. Hingga saat ini, pria bersuara lantang ini mengaku telah melakukan donor darah sebanyak 125 kali. Tahun 2017, pria murah senyum ini meraih satu penghargaan bergengsi dari Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo karena telah mendonor darah 100 kali.

Rully hadir ke Jakarta bertemu presiden dan mendapat piagam Tanda Penghormatan Satyalancana Kebaktian Sosial.“Melalui donor darah sukarela berarti kita bersedekah, hidup menjadi sehat dan berkah,” ujar pria yang jago menyusun program pembangunan ini.

Rully menjelaskan rahasia untuk bisa rutin donor darah yaitu tekanan darah normal, HB normal dan berat badan minimal 50 kilogram. “Donor membuat tubuh menjadi lebih segar dikarenakan berkurangnya penyakit di dalam darah seperti lemak darah, gula darah dan lainnya dan diganti dengan darah yang terbentuk baru oleh tubuh. Anda akan tampak lebih sehat dan awet muda,” ujar Rully yang seolah membuktikan kata-katanya melalui kesehatan yang dirasakannya.

Rully Mahendara, pada HUT PMI ke-75 ini mengajak PMI Lobar untuk tetap semangat mengedukasi dan menyosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 di masa pandemi ini.“Jangan sampai kendor demi kesehatan kita bersama,” pesannya.

Pada peringatan HUT PMI ini, Bupati Fauzan juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lombah HUT PMI Lobar yang ke-75. Mereka telah mengikuti dua lomba yaitu #Lomba Video Ajakan Donor Darah dan #Lomba Photo Selfie Donor Darah.Peringatan HUT PMI Lobar ini selain diikuti pengurus PMI, relawan dan peserta lomba, juga dihadiri oleh beberapa anggota DPRD Lobar, beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Lobar.

Bupati yang juga Ketua PMI Lobar menyampaikan pesan Ketua Umum PMI H. Muhammad Jusuf Kalla. Pesan mantan Wakil Presiden Indonesia tersebut, yaitu PMI harus terus aktif terlibat dalam mengatasi Covid-19 terutama membantu pemerintah dalam menyosialisasikan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, Jusuf Kalla juga berpesan agar PMI membantu dalam melakukan penyemprotan disinfektan.

“Termasuk mengamanatkan secara rutin Palang Merah Indonesia harus membantu dan secara reguler di tempat-tempat strategis melakukan semprot disinfektan,” ujar Bupati Fauzan menyampikan pesan Jusuf Kalla. “Ini pesan dari beliau, mudah-mudahan dua pesan ini, di samping tugas rutin dari PMI, bisa kita lakukan,” harap Fauzan. (her)