ASN Disdukcapil Dompu Tetap Masuk Kantor

Abdul Nazib.(Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) resmi memperpanjang aturan kerja dari rumah bagi ASN hingga 21 April. Sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 34 tahun 2020 tentang perubahan atas SE nomor 19 tahun 2020 soal penyesuaian kerja ASN dalam upaya penanggulangan Covid-19. Meski demikian, kebijakan tersebut rupanya sulit diterapkan instansi terkait, seperti halnya ASN pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dompu.

Mereka tetap masuk kerja untuk memberi pelayanan karena peralatan teknis serta jaringan khusus yang disediakan hanya ada di kantor. “Ndak bisa, karena harus bawa komputer dan jaringan khususnya ndak bisa di rumah,” ungkap Sekertaris Disdukcapil Dompu, Abdul Nazib kepada Suara NTB, Selasa, 31 Maret 2020.

Iklan

Rutinitas kerja ASN Disdukcapil yang tidak berubah meski item pelayanan telah dibatasi, diakui cukup membahayakan kesehatan. Namun alternatif pencegahannya yakni memastikan jarak antar ASN tetap terjaga. Pun demikian dengan para pemohon dokumen kependudukan yang sifatnya mendesak untuk keperluan BPJS kesehatan dan pendidikan.

Semenjak ditetapkan status siaga darurat Covid-19 dan diberlakukannya pelayanan daring, belum ada kendala teknis yang dihadapi. Kecuali saat pendistribusian data dari operator center ke operator input dan pencetakan. “Karena operator center kita kan cuma satu jadi kita agak kewalahan saja pendistribusian data,” ujarnya.

Dari 6000 keping blanko eKTP yang disediakan, lanjut Abdul Nazib, sudah 3000an terserap oleh pemegang Surat Keterangan (Suket) sebulan terakhir ini. Sementara untuk pengurusan baru via daring belum diketahui pasti data rincinnya.

Ribuan keping blangko yang tersisa, akan diprioritas bagi mereka yang memegang Suket namun belum melakukan penggantian. Sedangkan pemohon baru sementara waktu diminta bersabar sampai situasi dan kondisi wilayah kembali pulih. “3000 sisanya belum dimanfaatkan, kalau ada yang datang ganti Suket akan kita layani,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional