Aset Nganggur Bakal Dijadikan Pusat Oleh-oleh

Bupati Loteng H. L. Pathul Bahri memimpin pembersihan di eks Gedung Disdik dan Dispora Loteng yang akan dijadikan pusat oleh-oleh, Jumat (9/4). (Suara NTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) berencana mengembangkan pusat oleh-oleh di pusat Kota Praya. Adapun rencana lokasi pusat oleh-oleh ini akan memanfaatkan gedung eks kantor Dinas Pendidikan (Disdik) serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Loteng yang saat ini masih nganggur. Keberadaan pusat oleh-oleh tersebut diharapkan bisa mendorong pergerakan ekonomi, khususnya bagi kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Di pusat oleh-oleh ini nantinya hanya boleh menjual produk lokal saja. Tidak boleh produk luar,” ungkap Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., saat memimpin pembersihan area eks kantor Disdik Loteng, Jumat, 9 April 2021.

Iklan

Dalam pembersihan tersebut, ratusan personel Pol PP, petugas kebersihan hingga petugas pemadam kebakaran dikerahkan untuk membersihkan gedung yang cukup tua tersebut. Hanya saja, kondisi gedung yang cukup memprihatinkan tersebut membuatnya tidak bisa langsung digunakan. Pemerintah daerah berencana akan merehab dulu kedua gedung tersebut supaya layak ditempati dan digunakan.

“Nantinya semua produk UKM Loteng kita pajang di tempat ini untuk dijual kepada tamu atau wisatawan maupun masyarakat lokal,” sebutnya. ‘’Keberadaan pusat oleh-oleh tersebut diharapkan bisa memicu pergerakan ekonomi baru. Khususnya bagi UKM-UKM yang ada di daerah ini,’’ tambahnya.

Ditegaskannya, pemerintah daerah akan terus berupaya mendorong perkembangan UKM dan industri kecil rumahan di daerah ini dengan menyiapkan dan memfasilitasi penyediaan sarana dan prasarana penunjang. Maupun fasilitas pendukung lainnya. Mengingat, UKM merupakan penopang ekonomi daerah.

Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini, keberadaan UKM sangat penting untuk bisa terus mendorong pergerakan ekonomi daerah. “Pemerintah daerah punya tanggung jawab untuk mengembangkan usaha masyarakat. Makanya, di pusat oleh-oleh ini nanti diupayakan jangan pakai produk luar,” imbuh Ketua DPC Partai Gerindra Loteng ini. (kir)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional