Asesmen SDM Diperlukan

Lalu Basuki Rahman. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB Mataram dan Lombok Barat (Lobar) akan melaksanakan asesmen sumber daya manusia (SDM) dan sarana di Mataram dan Lombok Barat. Langkah itu dilakukan untuk menetapkan kebijakan yang tepat serta melihat rasio SDM dengan siswa.

Kepala KCD Dikbud NTB, Mataram-Lobar, Dr. Lalu Basuki Rahman menyampaikan pihaknya akan melakukan asesmen SDM di Mataram-Lobar, seperti kepala sekolah, kasubag tata usaha, laboran, dan lainnya. “Coba kita asesmen SDM, seperti juga rasio guru dan siswa, baru kami akan buat program ke depan,” ujarnya.

Iklan

Terkait dengan keadaan guru di Mataram-Lobar, menurut Basuki Rahman, pihaknya perlu mencermati kualitas dan kuantitas guru. Terutama terkait ketersediaan guru, jumlah guru mata pelajaran, dan jumlah jam mengajar.

“Seperti adanya jam mengajar kurang, itu kita perlu asesmen untuk melihat kualitas dan secara kualifikasi guru, termasuk ketersediaan guru produktif di SMK,” ujar mantan Kepala KCD Kabupaten Lombok Utara ini.

Selain SDM, Basuki Rahman juga mengatakan, pihaknya akan mencermati sarana dan prasarana pendidikan di Mataram-Lobar. “Sumber daya selebihnya kita asesmen juga, ruang praktik lainnya, ruang kelas, sarana olahraga, kesesuaian perpusataan dengan jumlah buku, dan lainnya,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan dan Tugas Pembantuan Dinas Dikbud NTB, Jaka Wahyana, S.Pd., menyampaikan, mutasi akan tetap dilakukan dengan berbagai alasan, seperti pindah mengikuti keluarga, atau lainnnya sehingga menimbulkan kekosongan. “Kekosongan itu harus diisi,” ujarnya.

Sebelumnya ia juga menyampaikan, mutasi dilakukan untuk memeratakan distribusi guru agar jam mengajar bisa merata. Karena ada ditemukan guru yang kekurangan jam mengajar di satu sekolah. Selain itu, kondisi belum meratanya guru mata pelajaran di setiap daerah menjadi salah satu kesulitan dalam pendistribusian guru. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional