Asesmen Nasional Diwarnai Gangguan Internet

Purni Susanto (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) –  Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang SMK, MAK, Paket C, dan sederajat dilaksanakan pada Senin, 20 September 2021 sampai dengan Kamis, 23 September 2021. Kendala gangguan internet dilaporkan sekolah kepada panitia. Panitia juga menyoroti adanya sekolah yang belum mendapatkan tempat menumpang.

Sekretaris Panitia Wilayah Asesmen Nasional tahun 2021 Dinas Dikbud Provinsi NTB, Purni Susanto pada Senin, 20 September 2021 menyampaikan, pihaknya mendapatkan informasi dari berbagai sekolah tentang adanya gangguan jaringan Telkom. “Kami sudah koordinasi, semoga bisa diselesaikan,” ujarnya.

Iklan

Sebelumnya, ia juga mengungkapkan, beberapa sekolah belum dapat tumpangan untuk mengikuti ANBK. Ketika dikonfirmai terkait permasalahan itu, Purni mengatakan, tim teknis yang tersebar di seluruh Cabang Dinas bekerja terus mengatasinya. “Nampaknya asesmen tetap berlangsung,” kata Purni.

Purni menegaskan, secara teknis persiapan sudah maksimal diupayakan pihaknya. Meski demikian diakuinya memang ada beberapa kendala yang terus didalami dan dicarikan solusi.

Komponen asesmen nasional terdiri dari Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Untuk AKM terdiri dari literasi dan numerasi. Survei karakter terdiri dari enam sub topik yang akan disurvei. Diharapkan dari hasil survei karakter akan keluar sebuah paradigma profil pelajar yang disebut Profil Pelajar Pancasila. Sementara, survei lingkungan belajar, berupa survei kondisi belajar, metode belajar, dan lainnya.

Terkait asesmen nasional, semua sekolah wajib ikut, baik sekolah negeri maupun swasta. Sementara yang akan dipilih acak yaitu siswa sebagai peserta asesmen, bila sekolah memiliki jumlah siswa kelas XI lebih dari 45 orang. Namun, bila suatu sekolah jumlah siswanya 45 orang  atau kurang dari 45 orang, maka semua siswa akan diikutkan dalam asesmen nasional.

Jadwal pengisian survei lingkungan belajar juga dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan asesmen nasional. Jadwal pelaksanaan asesmen nasional yaitu untuk jenjang SMK, MAK, Paket C, dan sederajat dilaksanakan pada Senin (20/9) sampai dengan Kamis (23/9). Jenjang SMA, MA, dan yang sederajat pada Senin (27/9) sampai dengan Kamis (30/9). Jenjang SMP, MTs, Paket B, dan yang sederajat pada Senin (4/10) sampai dengan Kamis (7/10). Sedangkan, untuk jenjang SD, MI, Paket A dan yang sederajat akan dilaksanakan pada Senin (8/11) sampai dengan Kamis (11/11) untuk gelombang I, sementara gelombang II dilaksanakan pada Senin (15/11) sampai dengan Kamis (18/11). (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional