Asesmen JPTP, Kepemimpinan Pejabat Diuji

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Setelah tahapan persentasi makalah dan wawancara. Pelamar jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) di lingkup Pemkot Mataram akan melanjutkan proses asesmen. Psikologi, kemampuan manajerial serta kepemimpinan pejabat diuji.

Asesmen ini dilakukan oleh tim asesor dari UPTB Unit Pelayanan Penilaian Kompetensi Badan Pegawai dan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi NTB. Sekitar 28 pejabat akan diasesmen selama dua hari.

Iklan

Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyampaikan, setelah persentasi makalah dan wawancara akan dilanjutkan ke tahap asesmen. Asesmen dilakukan oleh tim dari Pemprov NTB selama dua hari.

Tim asesor memiliki penilaian tentang kepribadian, manajerial, watak serta kemampuan leadership atau kepemimpinan.  “Peserta ini nanti menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tim asesor,” kata Nelly dikonfirmasi, Rabu, 15 September 2021.

Dari hasil asesmen akan terlihat karakter serta kemampuan manajerial dan kepemimpinan peserta, sehingga akan terlihat karakter dominan yang sebenarnya. “Tidak masalah pada saat pemaparan makalah bagus akan buat team work dengan konsep normatif. Setelah diasesmen akan terlihat karakter sebenarnya,” kata Nelly.

Dia menyebutkan, Dr. Muazzar Habibi sebelumnya menjadi tim pansel terus mengejar jawaban dari peserta. Karena, hasil asesmen tidak sesuai dengan persentasi makalah disampaikan. Kendati demikian, hasil asesmen bukan menjadi rujukan penilaian tim pansel.

Masing – masing tahapan mulai seleksi administrasi, persentasi makalah, wawancara sampai asesmen akan diakumulasi nilainya. Tiga nilai tertinggi akan diserahkan ke kepala daerah untuk menentukan pejabat yang akan dipilih menduduki jabatan tertentu. “Semua nilainya akan diserahkan ke Pak Wali,” sebutnya.

Sejumlah 28 pejabat yang bakal mengikut tes asesmen adalah pertama, pelamar yang melamar formasi jabatan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik yakni, I Made Suandasa, Zarkasyi, Parman, Ida Wayan Putra Ekantara, H. FE. Achmad Muslehuddin dan Drs. I Made Gde Yasa.

Kedua, formasi jabatan Kepala Dinas Perdagangan yakni, H. Muhammad Ramadhani, Syamsul Irawan dan Uun Pujianto. Ketiga, formasi jabatan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga yakni Ir. H. Suhartono Tumiran, Ida Wayan Putra Ekantara dan Abdul Manan. Keempat, formasi jabatan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah yakni, H. Muhammad Ramadhani, M. Ramayoga dan Lalu Agus Supriadi. Kelima, formasi jabatan Direktur RSUD Kota Mataram yakni, drg. Ahmad Zulfikar, dr. Emirald Isfihan dan dr. Ni Ketut Eka Nuryanti. Keenam, formasi jabatan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah yakni Akhmad Muzaki, Mohammad Iswan, Drs. Lalu Mashun, Jimmy Nelwan, Abdul Manan, Ir. Haris A. Rasyid dan Dr. Drs. Muhtadi Hairi. Dan terakhir, formasi jabatan Kepala Dinas Perikanan yaitu, Ir. Endang Rosid Sudianto, Dra. Enda Utami Rahayu, Ir. Ahmad Suriadi, Drs. Lalu Syamsul Adnan, Lalu Agus Supriadi, Akhmad Muzaki, Umar dan H. Irwan Harmasnyah. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional