ASDP Janjikan Dermaga Pelabuhan Kayangan Tuntas Sebelum Lebaran

Selong (Suara NTB) – Proses perbaikan dermaga dua di Pelabuhan Kayangan hampir rampung. Perbaikan yang dilakukan secara total itu ditargetkan tuntas pengerjaannya pada tanggal 6 Juni mendatang. Adapun dampak dari proses perbaikan pada bagian MB tersebut, hingga saat ini terjadi antrean panjang terutama truk hingga ke luar pelabuhan dikarenakan yang berfungsi hanya satu dermaga yang dermaga 1.

General Manager (GM) PT. ASDP Kayangan Lombok Timur (Lotim, Cuk Prayitno, mengaku jika pihaknya jauh-jauh hari sebelumnya sudah mengumumkan kepada semua pihak terutama pengguna jasa penyeberangan laut jika akan dilakukan proses perbaikan dermaga dua. Perbaikan dilakukan secara total pada bagian MB sehingga dilakukan pembongkaran. Proses perbaikan itu, katanya, berbeda dengan sebelum-sebelumnya yang hanya dilakukan proses las ketika patah.

Iklan

  “Proses perbaikan dermaga ini secara menyeluruh pada bagian MB. Kita bongkar dan ganti menggunakan MB yang baru, tidak hanya proses las saja,”ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Cuk Prayitno, maka kekuatan pada bagian MB dermaga dua akan bertahan lama. Saat ini masih dalam proses perbaikan dan sudah mendekati babak final karena ditargetkan rampung pada tanggal 6 Juni mendatang.

Terkait proses perbaikan, untuk sementara ini yang difungsikan hanya dermaga satu sehingga terjadi antrean panjang terutama bagi truk barang. Namun untuk mengatasi antrean panjang itu, pihak ASDP Kayangan mengoperasikan sebanyak 22 kapal yang setiap harinya beroperasi enam kapal.

  “Memang antrean panjang terutama truk baik sedang maupun besar. Itu karena yang beroperasi hanya satu dermaga,”ujarnya.

Sementara untuk kendaraan jenis bus, kendaraan pribadi roda dua, minibus yang mengangkut penumpang menjadi prioritas penyeberangan. Termasuk truk yang mengangkut barang mudah rusak seperti sayur-mayur, buaha-buahan dan sejenisnya.

Untuk itu, ia mengimbau kepada truk pengangkut barang mudah rusak supaya melapor kepada petugas serta aktif membangun komunikasi sesama sopir supaya tidak terjadi keributan. “Meskipun antrean panjang, kondisi di pelabuhan cukup aman,”sebutnya.

Cuk Prayitno lebih jauh menyampaikan, perbaikan MB dermaga secara total untuk menghadapi lonjakan penumpang pada arus mudik lebaran tahun ini. Pasalnya, diprediksi lonjakan penumpang mulai terjadi pada tanggal 8 Juni 2018.

Akan tetapi, dengan kondisi dermaga yang baru, maka arus penyeberangan mudik dan arus balik mudik lebaran berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan.

“Kondisi dermaga memang cukup tua, sering kita perbaiki namun itu hanya perbaikan ringan. Beda dengan saat ini perbaikan total, dibongkar lalu penyeberangan lewat jalur dermaha dua ditutup sementara selama proses perbaikan,”pungkasnya. (yon)