Arus Mudik dan Balik Lebaran, Penumpang Pesawat di BIZAM Naik 10 Kali Lipat

0
Bandara Internasional Zainuddin Madjid (BIZAM) mencatat pertumbuhan penumpang pesawat udara cukup signifikan selama arus mudik lebaran tahun ini. Terhitung mulai tujuh hari sebelum Idul Fitri hingga empat hari pasca Idul Fitri, Sabtu, 7 Mei 2022, total tercatat ada 73.400 penumpang pesawat udara yang melalui BIZAM.

Praya (Suara NTB) – Bandara Internasional Zainuddin Madjid (BIZAM) mencatat pertumbuhan penumpang pesawat udara cukup signifikan selama arus mudik lebaran tahun ini. Terhitung mulai tujuh hari sebelum Idul Fitri hingga empat hari pasca Idul Fitri atau Sabtu, 7 Mei 2022, total tercatat ada 73.400 penumpang pesawat udara melalui BIZAM. Angka tersebut naik hingga 10 kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah penumpang pesawat udara pada periode yang sama tahun 2021 lalu.

‘’Tahun lalu di periode yang sama jumlah penumpang pesawat di BIZAM tercatat hanya 6.500 orang. Tahun ini menembus angka 73.400 orang. Itu artinya, ada kenaikan sampai 1.000 persen lebih,’’ ungkap Stakeholder Relations Manager PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Arif Hariyanto, Minggu, 8 Mei 2022.

IKLAN

Dengan jumlah penumpang datang selama arus mudik ini lebih banyak dari penumpang yang berangkat. Rinciannya, 38.700 penumpang tiba dan 34.700 penumpang berangkat dari BIZAM. Dengan rata-rata 5.600 penumpang yang dilayani di BIZAM perharinya.

Tahun lalu jumlah penumpang kecil, karena masih ada kebijakan larangan mudik dari Pemerintah Pusat. Sementara tahun ini, Pemerintah Pusat sudah membolehkan masyarakat untuk mudik. Baik itu menggunakan moda transportasi darat, laut maupun udara.

Siginifikannya kenaikan jumlah penumpang pesawat udara selama arus mudik kali ini, berdampak langsung pada jumlah pergerakan pesawat. Di mana selama 13 hari periode mudik lebaran tahun ini, BIZAM telah melayani 710 pergerakan pesawat. Angka ini meningkat 633 persen jika dibandingkan tahun lalu yang hanya ada 39 pergerakan pesawat. Dengan rata-rata 55 pergerakan pesawat per harinya.

Lebih lanjut kata Arif, pada periode mudik tahun ini juga menandakan kembali dibukanya penerbangan internasional rute Lombok-Kuala Lumpur, Malaysia terhitung mulai tanggal 1 Mei lalu. Artinya sudah sepekan penerbangan internasional kembali dibuka dengan mercatat total 643 penumpang. Dengan rincian 418 penumpang tiba dan 225 penumpang yang berangkat dari Lombok menuju Kuala Lumpur, Malaysia.

Jika dirata-rata, penerbangan internasional di BIZAM sudah mecatat 92 penumpang dengan 2 pergerakan pesawat perharinya. ‘’Kita berharap ini bisa menjadi momen kebangkitan kembali ekonomi daerah. Dengan terus meningkatkan arus penumpang pesawat udara di BIZAM,” tutup Arif.  (kir/bul)

IKLAN