Arus Kunjungan Wisman, Kasus Corona di Bali akan Berdampak ke NTB

Ilustrasi Wisatawan di Lombok (suarantb.com/ars)

Mataram (Suara NTB) – Pelaku wisata NTB mengatakan penemuan kasus positif Corona di Bali akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke NTB. Pasalnya, selama ini NTB masih menerima limpahan Wisman dari Bali.

Ketua Asita NTB, Dewantoro Umbu Joka mengatakan pangsa pasar pariwisata Bali adalah wisatawan manacenagar (Wisman). Ketika Bali terdampak virus Corona dan wisatawan dari berbagai negara mengurangi kunjungan ke Bali maka NTB juga akan kena dampak.

Iklan

“Untuk wisatawan mancanegara, kita ini memang masih bergantung dengan Bali. Kalau Bali berdampak (wisman berkurang), kita pasti juga kena dampak untuk wisatawan  mancanegara,” kata Dewantoro dikonfirmasi di Mataram, Kamis, 12 Maret 2020.

Dewantoro mengatakan NTB masih sangat bergantung dari Bali untuk wisatawan mancanegara. Karena jumlah penerbangan langsung ke NTB masih terbatas, cuma tiga rute internasional. Yakni, Lombok – Perth, Lombok – Singapura dan Lombok – Kuala Lumpur Malaysia.

Sementara untuk wisatawan domestik, kata Dewantoro, NTB yang memiliki pasarnya. Meskipun dunia pariwisata terdampak virus Corona, namun  wisatawan domestik ke NTB tetap ramai. “Jadi Lombok itu punya pasar domestik yang besar,” katanya.

Apalagi sekarang beberapa event nasional dilaksanakan di NTB. Ditambah harga tiket yang murah, membuat wisatawan domestik banyak yang berlibur ke NTB.

Ditanya paket wisata yang dibatalkan terutama oleh wisatawan mancanegara, Dewantoro mengatakan belum ada. Untuk turis dari Italia, biasanya datang ke Lombok pada bulan Mei sampai Agustus. Biasanya turis Italia banyak yang berkunjung ke Gili Trawangan.

“Semua saya cek di anggota Asita  tidak ada ang  cancel. Tetapi mereka sudah informasikan  ke travel agent dulu bahwa kalau memang dia (wisatawan) mau ke sini boleh, mereka harus membawa surat keterangan sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, H. L. Moh. Faozal, S. Sos, M. Si berharap kasus Corona yang di Bali tak berpengaruh ke NTB. Ia mengatakan meskipun sedang heboh virus Corona di Indonesia, namun kunjungan wisatawan mancanegara khususnya dari Australia tetap ramai ke NTB. (nas)