Arus Balik, Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Kayangan Lampaui Prediksi

0

Selong (Suara NTB) – Meski puncak arus balik lebaran diperkirakan terjadi pada tanggal 1-2 Juli 2017, pihak PT. ASDP Kayangan Lombok Timur (Lotim) menyebut peningkatan penumpang baik pejalan kaki, roda dua maupun roda empat sudah mulai terjadi. Peningkatan jumlah penumpang ini melebihi prediksi awal.

Dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 28 Juni 2017, GM PT. ASDP Kayangan, Yanus Lentanga mengungkapkan, arus mudik sejauh ini berjalan lancar dan aman terkendali. Selain itu, katanya, tahun ini merupakan tahun yang sangat berbeda dari tahun sebelumnya, di mana kejadian dalam bentuk apapun sama sekali tidak ada yang terjadi.

IKLAN

“Puncak arus balik mudik kita perkirakan pada tanggal 1 atau 2 Juli. Namun sampai saat ini peningkatan cukup drastis,” ujarnya.

Peningkatan yang cukup signifikan terlihat, yakni untuk penumpang naik hingga 11 persen dari perkiraan 2 persen, kendaraan roda dua meningkat 13 persen dari perkiraan 10 persen dan kendaraan roda empat pribadi yakni naik hingga 20 persen daru perkiraan 15 persen. “

Meski peningkatan terjadi cukup signifikan, Yanus mengungkapkan arus mudik maupun balik berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan. Hal itu dikarenakan, armada yang disiapkan sebanyak 22 unit sudah melampaui perkiraan lonjakan penumpang.

Kendati demikian, katanya, mengingat tingkat penyeberangan melalui jalur laut terus mengalami peningkatan setiap tahun, terutama pada hari-hari tertentu akan menjadi PR bagi ASDP untuk terus berbenah diri. Salah satu bentuk pembenahan yang dilakukan, seperti menyiapkan kapal yang lebih besar maupun dermaga, sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin maksimal. (yon)