Armada Laut Terbatas, Pemkab Bima Kirim Hewan Kurban dengan Truk Tronton

Mahmud (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, terkendala armada pengangkutan laut yang terbatas untuk pengiriman sapi kurban keluar daerah. Menyiasati persoalan itu, mereka terpaksa harus menggunakan truk tronton. Kendati daya tampungnya terbatas, namun sarana alternatif ini ternyata mampu menggejot pencapaian target pengiriman.

Kepala Bidang Agribisnis Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Bima, Ir. Mahmud, MM., kepada Suara NTB di kantornya, Jumat, 4 Juni 2021 menyampaikan, untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H tahun ini, pemerintah daerah menargetkan pengiriman 12.000 ekor sapi kurban keluar wilayah Provinsi NTB.

Iklan

Mulanya target itu akan dikirim semua menggunakan kapal laut, namun mengingat armada yang tersedia di pelabuhan sangat terbatas, pihaknya terpaksa memanfaatkan truk tronton. “Kapal yang ada ini terbatas, kadang kita rebutan juga dengan pengusaha jagung. Jadi alternatifnya pakai truk tronton,” ungkapnya.

Penggunaan truk tronton, diakui langkah satu-satunya yang terpaksa diambil. Namun setelah melihat progres pengiriman selama beberapa hari terakhir, rupanya sarana tersebut cukup efektif.

Dengan 16 truk tronton saja, pihaknya mampu mengirim 480 ekor sapi kurban. Itupun hanya mengabiskan waktu tiga hari dan biaya pengiriman yang terbilang kecil ketimbang menggunakan kapal laut. “Kalau pakai kapal laut lama dan dari segi biaya juga mahal. Jadi sebetulnya lebih efektif pakai troton ini walaupun kapasitasny hanya 30 ekor,” ujarnya.

Dari target 12.000 ekor sapi kurban, Mahmud menyebutkan, sudah 7.000 ekor yang dikirim keluar Provinsi NTB. Sementara untuk sisanya masih dalam proses pemeriksaan kesehatan dan pengurusan izin. Harapannya, pada Tanggal 20 Juni mendatang sapi-sapi hasil penggemukan dan pelepasan liar tersebut, sudah diakut semua keluar daerah. “Kalau memang tidak terpenuhi atau masih ada ternak kit yang membutuhkan izin berangkat, bisa saja nanti kita minta tambahan armada truk tronton,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional