Apresiasi Tenaga Medis, Pemda Lobar Siapkan Insentif dan Serahkan Paket Bantuan

Bupati Lobar H. Fauzan Khalid didampingi Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU NTB H. L. Winengan menyerahkan paket kepada Satgas Covid-19 RSUD Tripat, Jumat, 3 April 2020.(Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid memberikan dukungan dan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang bekerja di tengah wabah Corona yang melanda. Mereka tanpa kenal lelah melakukan penanganan terhadap pasien baik itu masyarakat yang sakit maupun yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dengan Pemantauan (ODP) di rumah sakit dan puskesmas.

Tidak hanya itu, Pemkab Lobar sedang menyiapkan insentif bagi mereka. Pemberian insentif ini tengah dalam kajian tim Pemda. Selain menyiapkan insentif, bupati juga memberikan mereka 100 paket berisi buah-buahan untuk menambah daya tahan tubuh mereka. “Bentuk dukungan Kita kepada tenaga medis lah, kami berikan 100 paket buah. 10 paket ke RSUD Tripat, 10 paket Rumah Sakit Awet muda dan sisanya disebar ke puskesmas-puskesmas,” terang bupati ditemui usai menyerahkan paket bingkisan di RSUD Tripat, Jumat, 3 April 2020.

Iklan

Fauzan menjelaskan pihaknya juga tengah meminta agar mereka juga diberikan madu. Tujuannya di samping menghidupkan usaha kecil masyarakat, juga khasiat madu untuk peningkatan daya tahan tubuh tenaga kesehatan. Saat ini pihaknya tengah mengumpulkan perajin madu untuk dibeli dan disebarkan kepada tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 di Lobar. Pihaknya juga sudah meminta jajarannya menghitung kebutuhan anggaran untuk insentif tenaga kesehatan berupa uang. “Mudah-mudahan dengan cara ini mereka semakin semangat dan termotivasi dan masyarakat kita sadar bahwa tenaga kesehatan yang menangani Covid-19 tantangannya luar biasa,” tegas dia.

Bayangkan saja, lanjut dia, warga berstatus ODP saja yang diisolasi di tempat tertentu menimbulkan protes dan takut luar biasa dari warga di wilayah tersebut. Padahal, kata dia, tidak apa-apa. Apalagi tenaga kesehatan yang langsung menangani PDP di rumah sakit. Mereka pasti memiliki kekhawatiran karena rawan terpapar. Untuk diketahui, paket buah-buahan tersebut didukung oleh pihak Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Wilayah NTB.

Wakil Ketua NU Wilayah NTB H. L. Winengan menambahkan pihaknya mendukung Pemda untuk memberikan paket tersebut. “Kita mendukung pak bupati, selanjutnya kita ke daerah lain juga,” imbuh dia. (her)