APK Paslon Gubernur dan Wagub di Sumbawa Barat Rusak Berat

Taliwang (Suara NTB) – Sejumlah Alat Peraga Kampanye (APK) Pasangan Calon (Paslon) yang maju di Pilgub NTB rusak berat dan tidak bisa digunakan. Hal tersebut terjadi setelah Sumbawa Barat dilanda hujan lebat beberapa hari lalu. Bahkan hingga saat ini, APK berupa Baliho pasangan calon tersebut belum juga diganti oleh pihak yang berwenang.

“Memang benar APK yang kita pasang kemarin rusak berat bahkan tidak bisa digunakan lagi. Hal ini terjadi karena faktor alam bukan adanya kesengajaan dari kami (KPU). Kita juga belum bisa mengganti APK tersebut karena tidak ada anggaran khusus yang disiapkan untuk mengganti,” ungkap Komisioner KPU KSB, Divisi SDM serta Partisipasi Masyarakat, Supriadi, S.Pd, kepada Suara NTB, Kamis, 19 April 2018.

Iklan

Dikatakannya, kerusakan APK di lokasi yang sama (Alun-Alun Kota Taliwang) merupakan kasus kedua kalinya terjadi. Tetapi untuk kerusakan yang kedua ini, sangat parah bahkan APK yang sudah terpasang robek di beberap sudutnya. Terhadap APK yang sudah rusak, pihak terkait tidak bisa langsung mengganti begitu saja melainkan ada mekanisme yang harus diambil. APK yang sudah rusak kini juga dibebankan kepada tim kampanye untuk menggantinya bukan lagi ranah KPU. Hal ini diatur dalam PKPU Nomor 4 tentang kampanye, maka perawatan dari APK diserahkan kepada tim kampanye dari pasangan calon.

“Kita sudah tidak ada wewenang lagi untuk bisa memperbaiki APK yang sudah rusak. Karena aturannya sudah jelas bahwa tim kampanye masing-masing Paslon yang bertanggung jawab terkait kondisi tersebut,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam penggantian APK yang rusak, pihaknya tetap akan meminta dari tim kampanye pasangan calon. Bahkan sampai dengan saat ini, masih ada tim kampanye yang belum memenuhi bahan kampanye yeng telah diminta untuk disiapkan. Sehingga untuk mengganti APK yang rusakpun, pihaknya tidak menyediakan stok APK dari KPU provinsi. Jika APK tersedia, maka pihaknya lah (KPU) yang akan mengganti, meskipun tanggung jawab berada di tim kampanye pasangan calon.

“Perawatannya kembali kepada mereka (tim kampanye) tidak ada urusan kami (KPU) untuk memilihara dan mengganti APK yang sudah rusak saat ini,” tandasnya. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here