APJI NTB Dukung Program Halal Food

Mataram (Suara NTB) – Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) NTB mendukung program halal food yang digalakkan pemerintah. Dukungan itu dinyatakan secara langsung oleh Ketua APJI dalam upacara pelantikan dan pengukungan pengurus APJI NTB.

Pelantikan ketua APJI NTB berlangsung di Stan Festival Lombok City Centre dan Pameran Komunitas. Ketua APJI NTB, Baiq Dewi Djapa bersama pengurusnya dilantik oleh Wakil Gubernur NTB, H. Muhammad Amin, SH.

Iklan

Pasca dilantik, APJI NTB akan mempromosikan ragam kuliner khas NTB ke berbagai penjuru. Kuliner khas daerah ini harus mampu menjangkau pasar lokal dan pasar global. Hal itu patut dilakukan sebagai upaya pemberdayaan pelaku usaha kelas menengah ke bawah.

“Khazanah kuliner NTB harus dilestarikan. Salah satu upaya pelestariannya yakni dengan memasarkan ke berbagai daerah. Kalau tidak begitu, khawatirnya jajanan khas daerah kita nanti akan mengalami kepunahan,” jelasnya, Senin, 19 September 2016.

Banyak jenis kuliner khas NTB sudah berada di ambang punah. Ragam kuliner yang terancam punah itu diantaranya; Cerorot, Kaliadem, Nage Sari dan beragam jenis jajanan yang bergizi dan bermutu tinggi.

“Mengapa kuliner dan jajanan khas NTB tergeser oleh produk lain, ya karena kelemahan kita di bidang kemasan dan branding. Pengemasan yang baik dan branding yang bagus sertra promosi yang massif, perlu dilakukan,” tegasnya.

Upaya mengedepankan produk – produk kuliner khas NTB ini juga dapat menjadi bagian dari upaya mempromosikan pariwisata daerah. Sebab, dengan memperkenalkan produk, nama daerah NTB akan terkenal dimana – mana. Selanjutnya, individu tertentu diyakini tergerak untuk mengunjungi daerah ini dengan tujuan berwisata.

“Dari produk kuliner ini kita dapat promosikan pariwisata. Jangan lupa, kuliner itu dapat membantu pengenalan daerah pariwisata secara massif. Hal ini lah yang masih belum dilakukan, mempromosikan pariwisata dengan membranding kuliner khas daerah kita,” tandasnya. (met)