APBD Dompu 2021 Difokuskan untuk Vaksinasi Covid-19

H. Muhibuddin. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Dompu tahun 2021 yang belum juga terlaksana harus dilakukan pemfokusan kembali untuk kepentingan vaksinasi Covid-19. Daerah diminta memfokuskan anggaran 4 persen dari total dana alokasi umum (DAU) dan dana bagi hasil pajak atau sekitar Rp20 M.

Hal itu disampaikan penjabat Sekda Dompu, Drs. H. Muhibuddin, MSI kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat, 15 Januari 2021. “Surat (Mentri Keuangan RI) arahannya itu, minimal sampai 4 persen dari DAU (dan dana bagi hasil pajak) untuk bisa dimanfaatkan dengan menunda aktifitas – aktifitas lain yang tidak terlalu prioritas,” kata H Muhibuddin.

Iklan

Pemfokusan kembali ini, kata Muhibuddin, untuk memenuhi kebutuhan dalam rangka mensukseskan vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi ini akan ada pembagian sumber pembiayaan. Jika saat ini vaksinnya masih di siapkan pusat, kedepan tidak tertutup kemungkinan disiapkan sendiri oleh daerah. “Bisa juga untuk penyiapan tempat penyimpanan vaksin. Karena vaksin itu disimpan pada tempat dengan suhu tertentu. Hal – hal seperti itu mungkin nanti dibiayai oleh daerah,” terangnya.

Surat pelaksanaan pemfokusan kembali ini, kata Muhibuddin, belum diikuti dengan batas pelaksanaan pemfokusan kembali dan kegiatan yang akan dibiayai. “Kita disiapkan untuk cadangan dan bagi kesuksesan pelaksanaan vaksinasi,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, APBD Dompu tahun 2021 mencapai Rp1,057 triliun pendapatan daerahnya dan belanja daerah sebesar Rp1,069 triliun. Defisit sebesar Rp11,671 M pada APBD ini ditutupi dari pembiayaan netto sebesar nilai defisit. (ula)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional