Aparat Tangani Kasus Penguasaan Lahan Milik PT SMS

Dompu (Suara NTB) – Lahan HGU PT Sukses Mantap Sekahtera (SMS) yang diserobot warga ditangani Polres Dompu. Namun informasinya, dari 200 ha lahan yang hendak ditanami tebu untuk kebun itu tinggal 30 ha yang belum dikembalikan karena terlanjur ditanami kacang tanah oleh warga.

Camat Pekat, Gunawan, S.Sos kepada Suara NTB saat dihubungi, Senin, 12 Desember 2016 mengatakan, penguasaan lahan GHU milik PT SMS oleh kelompok warga di Desa Doropeti ditangani langsung oleh aparat keamanan bersama tim. Rencananya, Pemda bersama jajaran keamanan akan membentuk tim untuk menyelesaikan persoalan tersebut. “Kemarin sudah sepakat akan ada tim kecil dari Pemda, Polres dan Kodim yang akan menyelesaikannya,” ungkap Gunawan.

Iklan

Kapolsek Pekat, Ipda Suswanto yang dihubungi, enggan memberikan komentarnya karena kasus tersebut telah ditangani Polres Dompu. Kasat Reskrim juga enggan memberikan komentar, khawatir keliru dan meminta untuk konfirmasi langsung Kapolres. “Silakan hubungi Kabag Ops atau Kasat Reskrim yang turun ke lokasi kemarin,” kata Suswanto.

Namun informasi yang berhasil dihimpun pihaknya, lahan HGU PT SMS seluas 200 ha di Doropeti yang diserobot warga akan ditinggalkan. Warga sudah legowo untuk meninggalkan lahan tersebut, namun masih ada 30 ha yang terlanjut ditanami kacang tanah dan meminta waktu untuk mengosongkannya hingga panen kacang. Sementara pendudukan lahan itu sendiri dilakukan sekelompok warga yang tergiur hasil kacang tahun sebelumnya dan hendak menguasai untuk dijadikan hak milik.

Sebelumnya, Humas PT SMS, Masnil Mukhtar mengharapkan perhatian pemerintah daerah dan aparat keamanan atas pendudukan lahan HGU seluas 200 ha di Doropeti. Pada tahun 2013 lalu, lahan tersebut ditanami tebu oleh perusahaan namun gagal karena dimakan ternak. Kegagalan itu membuat perusahaan fokus di lokasi HGU tempat lain. Ketika 2016 ini hendak ditanami tebu, justru lahan tersebut sudah diduduki warga dan dihalang – halangi. (ula)

  Pemkot Mataram Trauma Dikibuli Investor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here