Aparat Pemerintah Lebih Lalai Bayar Pajak

H. Rumaksi Sjamsuddin (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Wakil Bupati (Wabup) Lombok Timur (Lotim) H. Rumaksi Sjamsuddin mengatakan, dibandingkan masyarakat, aparatur pemerintah dinilai jauh lebih lalai dalam hal membayar pajak kendaraan bermotor. Terlihat dari masih adanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tidak menganggarkan pajak.

Hal ini dikemukakan Wabup saat pertemuan sosialisasi pajak bermotor dan Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) di Kantor Bupati Lotim, Kamis, 10 Juni 2021.

Iklan

Wabup meminta seluruh OPD tertib dan disiplin dalam membayar pajak. Seluruh  OPD dapat menganggarkan dan meningkatkan disiplin dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Wabup mengapresiasi upaya jemput bola yang dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi NTB untuk mengoptimalkan realisasi pajak. Apresiasi  juga disampaikan kepada Bapenda Lotim bekerja sama dengan kecamatan dan desa untuk meningkatkan capaian PBB-P2. “Jika ini terus dioptimalkan, saya optimis realisasi pajak akan mengalami peningkatan di tahun-tahun mendatang,” katanya

Wabup juga menyoroti alih fungsi lahan yang belum diakomodasi dalam pajak bumi bangunan. Hal tersebut berdampak terhadap target pajak. Menyikapi hal tersebut Wabup meminta agar dilakukan evaluasi terhadap Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang akan berkorelasi terhadap besaran nilai pajak. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional