Antisipasi Virus Corona Pengamanan LIA Terus Diperketat

Petugas LIA membagikan masker ke pegawai di LIA untuk mengantisipasi virus Corona, Senin, 3 Februari 2020. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Pengamanan kawasan Lombok International Airport (LIA) semakin diperketat pihak otoritas bandara. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya virus Corona  di daerah ini. Tidak hanya penumpang pesawat, para petugas yang bekerja di bandara, khususnya di area terminal kini juga harus mendapat pengamanan.

“Petugas frontliner bandara sekarang telah diwajibkan untuk memakai masker, kacamata, dan sarung tangan pengamanan saat bertugas,” ungkap Legal and Commucation Section Head PT. Angkasa Pura (AP) I LIA, Nyoman Siang, Senin, 3 Februari 2020.

Iklan

Ia menjelaskan monitoring terhadap potensi masuknya virus Corona secara berkala terus dilakukan pihaknya. Personel dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Mataram, juga secara intensif terus mengawasi mobilitas penumpang yang ada di bandara, baik itu penumpang penerbangan domestik, terutama penumpang penerbangan internasional.

“Dengan bantuan thermal scanner (mesin pendeteksi suhu tubuh), pergerakan penumpang terus dipantau. Khususnya lagi penumpang internasional, jadi perhatian serius,” tegasnya.

Bahkan saat ini cakupan pengawasan juga diperluas. Kepada semua petugas maupun pegawai yang bertugas area bandara, juga ikut diawasi. Dan, sebagai langkah antisipasi lainnya para petugas yang bersentuhan langsung dengan aktivitas penumpang diwajibkan menggunakan pengamanan.

Selanjutnya, PT. AP I LIA juga akan berkoordinasi dengan KKP Mataram, untuk memantapkan  simulasi penanganan penumpang suspect virus Corona sesuai dengan SOP yang telah disepakati. “Bekerjasama dengan KKP Mataram, petugas di LIA juga akan dilatih penanganan penumpang yang suspect virus Corona sesuai SOP yang ada,” tandasnya.

Adanya latihan ini, petugas bandara bisa benar-benar siap melakukan penanganan darurat jika ada penumpang yang suspect virus Corona. Apalagi, virus Corona tidak bisa ditangani sembarangan, tapi harus dengan penangan yang tepat supaya tidak sampai menyebar. (kir)