Antisipasi Kerumunan, Sapi Kurban Presiden Jokowi Seberat 1,3 Ton Disembelih Dini Hari

Sekda NTB, H. Lalu Gita Ariadi didampingi Asisten I Setda NTB, Hj.Eva Nurcahyaningsih menyerahkan sapi kurban dari Presiden Jokowi ke PHBI NTB usai Salat Idul Adha di Masjid Hubbul Wathan, Jumat, 31 Juli 2020 kemarin. (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Untuk menghindari kerumunan masyarakat dalam penyembelihan hewan kurban, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) NTB melaksanakannya pada dini hari di hari kedua Hari Raya Idul Adha 1441 H. Termasuk sapi kurban dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) seberat 1,3 ton, juga akan disembelih pada hari kedua Hari Raya Idul Adha, Sabtu dini hari, 1 Agustus 2020.

‘’Kita menghindari kerumunan, supaya tak ada orang yang menyaksikan. Makanya mulai disembelih besok (hari ini) dini hari,’’ ujar PHBI NTB yang juga  Sekretaris Umum Pengelola Masjid Hubbul Wathan Islamic Center (IC) NTB, Abdul Aziz Fahmi, Jumat, 31 Juli 2020.

Iklan

Ia menyebutkan, jumlah hewan kurban yang berhasil dikumpulkan PHBI NTB sebanyak 29 ekor sapi dan 28 ekor kambing. Jumlah turun dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 30 ekor sapi dan 48 ekor kambing. Ia menyebut penurunan jumlah hewan kurban ini akibat pandemi Covid-19.

Untuk pelaksanaan Salat Idul Adha hingga pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilakukan mengikuti protokol yang dikeluarkan Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Pertanian. Sehingga, untuk pendistribusian daging hewan kurban dilakukan langsung lewat kepala lingkungan. Kepala lingkungan yang akan mendistribusikannya door to door ke masyarakat.

Dari 29 ekor sapi dan 28 ekor kambing yang terkumpul, kemudian didistribusikan ke lembaga keagamaan dan lembaga sosial yang ada di NTB sejak Kamis (29/7) malam. Sedangkan hewan kurban yang disembelih di Masjid Hubbul Wathan IC sebanyak 10 ekor sapi dan empat ekor kambing, termasuk sapi kurban seberat 1,3 ton yang berasal dari Presiden Jokowi.

‘’Sapi kurban dari Presiden disembelih di sini, nanti (hari ini) dini hari.  Karena itu yang akan kita bagikan kepada masyarakat. Beratnya 1,3 ton,’’ kata Aziz.

Ia menjelaskan 10 ekor sapi dan empat ekor kambing yang disembelih di IC NTB, selanjutnya dibagikan ke masyarakat di sekitar IC. Seperti Gomong, Dasan Agung, Pejeruk dan Karang Kelok. ‘’Rencanannya 2.000 kupon. Pembagian melalui kepala lingkungan, kemudian diantarkan ke warga. Sesuai edaran Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Pertanian tentang protokol Idul Adha,’’ katanya. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here