Antisipasi Covid-19, Satgas Tingkatkan Patroli Malam

Petugas gabungan dari Polres Sumbawa, Kodim 1607 Sumbawa, dan Satpol PP Sumbawa saat menggelar Patroli Cegah Covid-19 pada malam hari.(Suara NTB/Satpol PP Sumbawa)

Sumbawa Besar (Suara NTB)-Jajaran Polres Sumbawa, Kodim 1607 Sumbawa, Satpol PP Sumbawa langsung melaksanakan peningkatan Patroli Cegah Covid-19 pada malam hari. Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi penanganan Covid-19.

“Memperhatikan perkembangan penyebaran Covid-19 akhir-akhir ini, serta menjelang pergantian tahun, kami bersama Polres Sumbawa dan Kodim 1607 Sumbawa akan semakin meningkatkan intensitas patrol guna mencegah meluasnya Covid-19”, ujar Kasat Pol. PP Sumbawa H. Sahabuddin, M.Si sesaat sebelum pelaksanaan Apel Persiapan di Lapangan Mapolres Sumbawa, Senin, 28 Desember 2020.

Salah satu hasil rakor Covid-19, antara lain lahirnya Surat Edaran Bersama antara Bupati Sumbawa. Isinya antara lain, menghimbau jajaran dan/atau masyarakat untuk tidak melakukan kegiatan yang menimbulkan kerumunan, hura-hura, menjual atau membeli dan membunyikan petasan, kembang api yang mengganggu keselamatan dan ketenangan masyarakat. Serta tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi minuman keras dan penyalahgunaan narkotika dan obat-obat berbahaya.

Selain itu juga, dihimbau kepada seluruh jajaran pemerintah dan masyarakat untuk mengisi malam pergantian tahun masehi 2020 ke 2021 dengan kegiatan ibadah (sholat berjamaah, yasinan, dzikir dan sholawatan) di rumah masing-masing atau di tempat ibadah dengan secara ketat menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Selanjutnya, sinergitas aparat keamanan (TNI dan Polri) melalui koordinasi dan kerjasama di wilayah kerja masing-masing. Dalam melaksanakan pengawasan dan pengendalian keamanan wilayah agar lebih ditingkatkan.

Serta, masyarakat dihimbau agar senantiasa mematuhi secara ketat Protokol Kesehatan Covid-19 dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. “Dan yang terakhir kami menghimbau agar pada tanggal 31 Desember 2020 para pengusaha tempat hiburan, kafe, kuliner hanya beroperasi sampai dengan pukul 21.00 WITA dan para pengelola wisata pantai/wisata alam lainya hanya beroperasi sampai dengan pukul 18.00 WITA”, pungkas Kasat Sahabuddin.

Apel dipimpin oleh Kabag Ops Polres Sumbawa AKP Sari Mukmin, SH yang diikuti oleh Pasukan Polres Sumbawa, Kodim 1607 Sumbawa, Satpol PP Sumbawa. Selesai mendapat arahan,Tim Gabungan langsung membagu dalam 2 Tim.
Kabag Binmas AKP Joko Gatot RS bersama Kasat Pol PP Sumbawa dan pasukannya, diikuti oleh Tim Dinas Kominfotik Sumbawa menyisir beberapa lokasi hiburan maupun area publik dan kuliner di Kota Sumbawa Besar. Masih ditemuai banyaknya masyarakat yang masih belum memakai masker, berkerumun sehingga dilakukan edukasi dan diberikan masker oleh anggota Satgas, bahkan ada beberapa diantaranya diberikan sanksi. (arn)