Antisipasi Calo, Wakil Pemohon Izin Harus Bawa Surat Kuasa

Mataram (suarantb.com) – Dalam proses pengurusan perizinan, tidak menutup kemungkinan adanya praktik percaloan. Untuk mengantisipasi praktik ini, wakil dari pemohon izin yang mendatangi Kantor Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Mataram harus membawa surat kuasa.

Kepala BPMP2T Kota Mataram, Drs. Cokorda Sudira Muliarsa menyampaikan apabila pemohon izin berhalangan datang sendiri ke BPMP2T, maka perwakilannya harus menyertakan surat kuasa dari pemohon izin.

“Siapapun itu yang disuruh (oleh pemohon izin) harus membawa surat kuasa bermaterai yang bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya kepada suarantb.com, Rabu, 27 Juli 2016.

Setelah izin yang dibuat rampung, maka BPMP2T akan menginformasikan langsung kepada pemohon izin. “Informasinya berupa pemberitahuan bahwa izinnya sudah selesai. Yang kedua bahwa (izin) bebas biaya retribusi,” jelasnya.

Dengan demikian maka pemohon izin akan lebih dahulu mengetahui perkembangan izin yang dibuatnya tanpa melalui perwakilan. Untuk pengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), maka pemohon akan diinformasikan mengenai biaya yang dikenakan. Sehingga diharapkan tidak ada ruang gerak bagi calo untuk beraksi dan mengambil keuntungan. (rdi)