Antisipasi Anjloknya Harga Jagung, Ini Permintaan Bupati Dompu Kepada Petani

Dompu (Suara NTB) – Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin mengingatkan kepada petani untuk menjaga kualitas jagungnya dan tidak menjualnya sebelum dikeringkan. Petani Dompu diyakini memiliki pengalaman menyikapi harga jual jagung.

“Petani Dompu sudah 3 kali melakukan panen raya jagung dan harganya cukup stabil. Ini dipengaruhi oleh kualitas jagung yang dipanen bagus. Saya meminta kepada para petani untuk menjaga kualitas jagungnya sebelum dipanen dan dijual,” kata H. Bambang M. Yasin kepada Suara NTB di Pandopo Bupati, Senin, 12 Maret 2018.

Iklan

Ketika jagung dipanen belum pada usianya akan berdampak pada kualitas jagung yang dihasilkan. Seperti jagungnya akan mudah pecah saat digiling dan kadar airnya cukup tinggi. Ketika kualitas jagung rendah, maka akan berdampak pada rendahnya harga jual jagung.

“Sekarang ini sedang puncaknya musim hujan. Kalau jagung dipanen sekarang, tentu kadarnya airnya tinggi,” katanya. Sementara usia produksi jagung hibrida berkisar 100 – 140 hari dan diperkirakan, masa panen raya jagung di Dompu pada April 2018 mendatang.

Ia pun menanggapi soal kabar anjloknya harga jagung menjelang masa panen raya. Menurutnya, harga jagung masih relatif stabil. Harga yang anjlok seperti yang beredar disebabkan oleh kualitas jagung yang masih memiliki kadar air tinggi dan jagungnya pecah. “Harga itu tergantung harga. Saya minta kepada petani untuk mengeringkan jagungnya sebelum dijual,” pintanya.

Bambang juga membantah ada impor jagung sehingga berdampak pada turunnya harga jagung di petani. Menurutnya, jagung yang diimpor pemerintah sebanyak 200 ribu ton, merupakan jagung kebutuhan khusus untuk produk tertentu. “Itu bukan jagung hibrida. Dua pekan lalu, malah kita (Indonesia) ekspor 60 ribu ton jagung ke Malaisia,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, luas hamparan jagung petani Dompu yang siap dipanen tahun 2018 ini sekitar 40 ribu ha. Puncak panen raya jagung Dompu pada April – Mei 2018. Pada akhir Maret 2018, gudang pembeli jagung Dompu diperkirakan akan mulai menampung dan membeli jagung. Pada masa ini, harga jagung diharapkan tetap stabil. (ula)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here