Anti Ribet, Kini Daftar JKN-KIS Bayi Baru Lahir Bisa Lewat Rumah Sakit

Kartu JKN-KIS.

Selong (suarantb.com) – BPJS Kesehatan terus berinovasi memberikan kemudahan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) terutama dalam memberikan kemudahan akses dan pemberian informasi layanan ke Program JKN-KIS. Salah satu kemudahan yang diberikan BPJS Kesehatan kepada peserta JKN-KIS adalah proses kemudahan mendaftarkan bayi lahir di rumah sakit. Peserta JKN-KIS tidak perlu lagi mendaftarkan anaknya yang baru lahir ke kantor BPJS Kesehatan, karena kini telah disediakan kanal pendaftaran bayi baru lahir di rumah sakit.

Kemudahan dalam mengakses layanan ini telah dirasakan oleh salah satu warga Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat menunggu kelahiran sang buah hati di rumah sakit. Dialah Jumawar yang merupakan salah satu peserta JKN-KIS segmen Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU). Ia bercerita saat itu ia tengah menunggu proses persalinan sang istri. Suara buah hatinya terdengar dari ruang persalinan, rasa syukur dan haru pun ia rasakan kala itu.

Iklan

Saat ditanya tim Jamkesnews, Jumawar menyampaikan ucapan terima kasihnya karena diberikan kemudahan dalam pelayanan terutama dalam proses pendaftaran anaknya menjadi Peserta JKN-KIS.

“Pelayanannya cepat, tidak perlu repot mengurus ke kantor BPJS Kesehatan untuk pendaftaran JKN-KIS anak baru lahir, karena bisa didaftarkan langsung di rumah sakit. Terima Kasih BPJS Kesehatan yang telah memberikan kemudahan ini,” ujarnya.

Kemudahan dalam proses pendaftaran bayi baru lahir di rumah sakit ini dibenarkan oleh Petugas Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit Jab Salim Perdana yang kala itu dikonfirmasi melalui telepon pada Kamis, 15 Oktober 2020.

“Iya memang benar peserta JKN-KIS tidak perlu susah memikirkan pelayanan JKN-KIS karena sudah disediakan banyak akses kemudahan untuk menjadi peserta JKN-KIS dan mendapatkan informasi JKN-KIS seperti layanan Chika, Vika, Aplikasi Mobile JKN, Pandawa, dan termasuk kemudahan layanan pendaftaran bayi baru lahir di rumah sakit,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jab menyampaikan bahwa bagi Peserta JKN-KIS yang akan melahirkan dan menggunakan kartu JKN-KIS, kini tidak usah ribet memikirkan pendaftaran JKN-KIS bagi bayinya, karena sekarang bayi baru lahir bisa langsung didaftarkan melalui rumah sakit, karena sudah disediakan aplikasi di rumah sakit yang akan terhubung dengan layanan BPJS Kesehatan. (r/*)