Angkat Jempol untuk Atlet NTB

H. Patompo Adnan. (Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – Kalangan wakil rakyat di DPRD Provinsi NTB memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pencapaian kontingen NTB yang berhasil meraih 15 medali emas dalam peraihan medali perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

“Kami sangat mengapresiasi perjuangan para atlet dan semua pihak yang sudah terlibat dalam meraih pencapaian yang luar biasa ini. Kita harus ancungkan jempol buat kontingen NTB untuk PON Papua 2021,” ujar Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi NTB, H. Patompo Adnan kepada Suara NTB, Minggu, 17 Oktober 2021.

Iklan

Kontingen PON NTB berhasil membawa pulang total 38 medali yang terdiri dari 15 medali emas, 11 Perak dan 12 Perunggu. Dengan perolehan medali tersebut menempatkan Provinsi NTB masuk dalam jajaran 10 besar dengan urutan 9 peraih medali terbanyak di PON Papua 2021.

“Target awal kita memang 17 medali emas, meskipun belum tercapai, tapi dengan pencapaian yang sudah ditorehkan itu sudah luar biasa, bahkan ini pencapaian tertinggi NTB dari PON sebelum-sebelumnya,” kata Patompo.

Lebih lanjut disampaikan politisi PKS itu, para atlet NTB berhasil mencetak prestasi yang luar bisa tersebut di tengah himpitan keterbatasan di berbagai lini, yang memberikan tekanan mental cukup berat bagi para atlet.

“Dengan kondisi di masa Covid-19, keterbatasan anggaran dan kondisi keamanan yang tentu ini sebuah tekanan luar biasa. Tapi Alhamdulillah pada atlet kita masih bisa menunjukan hasil yang terbaik,” ungkapnya.

Menurut Patompo, prestasi para atlet NTB di PON Papua diharapkan tidak boleh berhenti sebatas euforia semata. Capaian prestasi ini diharapkan bisa menjadi momentum untuk terus memperbaiki tata kelola olahraga NTB agar lebih baik lagi kedepannya.

“Ini momentum yang baik untuk menata bidang olahraga kita lebih baik lagi kedepannya. Kita tidak boleh hanya larut dan selesai sampai euforia saja atas prestasi yang kita bisa capai saat ini,” ucap Patompo.

Dikatakan Patompo, para pengambil kebijakan di bidang olahraga dari sekarang harua mulai melakukan perencanaan yang lebih matang untuk pembangunan dan pengembangan olahraga NTB kedepannya.

“Harus dipikirkan mulai sekarang bagaimana olahraga kita kedepannya lebih baik lagi dari capaian sekarang ini. Kita harapkan pembinaan olahraga kita benar-benar terencana dengan baik,” serunya.

Salah satu yang harus menjadi perhatian serius untuk pengembangan olahraga di NTB kedepannya yakni bagaimana mencetak atlet-atlet hebat lewat pembinaan dan pembibitan yang baik.

“Selain soal dukungan sarana prasarana, yang tidak kalah penting adalah kita harus pikirkan regenerasi. Pembibitan atlet bisa lebih terencana dengan baik, untuk persiapan PON berikutnya,” seru politisi PKS itu.

Patompo lantas menyampaikan komitmennya, pihaknya di Komisi V DPRD NTB yang membidangi urusan olahraga dan kepemudaan akan terus memberikan dukungan untuk pengembangan dunia olahraga NTB. Salah satunya dengan dukungan anggaran kedepannya akan makin diperbesar.

“Karena mereka adalah putra putri yang membela nama daerah di pentas nasional maupun internasional. Kedepannya kita akan perbesar lagi porsi anggaran untuk bidang olahraga. Kita tidak akan ragu lagi mengalokasikan anggaran maksimal untuk olahraga kita,” ujarnya. (ndi)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional