Anggota Pramuka Gelar Donor Darah

Donor darah yang digelar Gerakan Pramuka Kwarda NTB di Bumi Perkemahan Jakamandala Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Besarnya manfaat donor darah bagi pendonornya dijadikan ajang bagi Gerakan Pramuka Kwarda NTB untuk menolong antarsesama. Untuk itu, serangkaian memperingati Hari Lord Boden Powell  Ke-164 tanggal 22 Februari, Gerakan Pramuka Kwarda NTB bekerja sama dengan PMI UTD Lombok Barat dan jajarannya menyelenggarakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan  di Sekretariat Kwarda NTB tepatnya di Bumi Perkemahan Jakamandala Mataram.

Kepada Suara NTB, Senin, 22 Februari 2021, Humas Gerakan Pramuka Kwarda NTB Nasrudin, menyebut, ada 100 pendonor   dari jajaran Pengurus Kwarda NTB, DKD NTB, Kodim 1606 Lombok Barat,  Polres Kota Mataram, Yonif 742/SWY, Lanal Mataram, Lanud ZAM Rembiga, SatBrimob Polda NTB. mengikuti kegiatan donor darah ini.

Iklan

Kegiatan donor darah ini, ujarnya, merupakan arahan langsung dari Ketua Kwarda NTB Drs.H. Fathul Gani, M.Si sebagai salah satu  rangkaian  Hari Boden Powel Day yang  ke 164. Bahkan, sebelumnya telah dilaksanakan giat “Sopa Berlian” Sopok Ati Bersih Lingkungan yang dilakukan di Kali Ancar Kekalik Mataram, Minggu, 21 Februari 2021 dengan melibatkan stakeholder. ‘’Selain giat di atas Kwarda NTB juga menyelenggarakan Sendal Sedekah Masjid dan Webinar  “Siniar Mandala”,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, kebiasaan mendonorkan darah ternyata memiliki segudang manfaat. Selain tujuan amal darah kepada orang lain yang membutuhkan transfusi darah, anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Menurutnya, saat orang mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya.

‘’Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada beberapa manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan dari mendonor darah, antara lain : menjaga kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, membantu penurunan berat tubuh, mendapatkan kesehatan psikologis dan mendeteksi penyakit serius,’’ terangnya. (ham)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional