Anggaran Pusat akan Mengucur ke NTB untuk Pengembangan Kawasan Industri

Hj. Nuryanti. (Suara NTB/dok)

Giri Menang (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyampaikan pemerintah pusat akan mengucurkan ratusan miliar anggaran untuk mendukung pengembangan kawasan industri di Provinsi NTB. Hal ini disampaikan orang nomor satu di NTB ini dalam pidato sambutannya pada malam Anugerah SMK Gemilang Karya di STIP Park Banyumulek Lombok Barat, Kamis, 2 September 2021.

“Kita akan mendapatkan ratusan miliar dari pusat untuk mendukung kawasan industri kita,” katanya. Gubernur mengatakan, saat ini NTB tengah mengembangkan program industrialisasi. Rumah besar untuk mengembangan ide dan inovasi industrialisasi adalah Sain Teknologi Industri Park (STIP) di Banyumulek, Kabupaten Lombok Barat.

Iklan

Menurutnya, pemerintah Provinsi NTB sedang konsen mendorong inovasi industri, khususnya di kalangan generasi muda Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Gubernur menceritakan pengalamannya berkunjung ke STIP di Swedia. Disitu ada satu area di mana anak-anak muda melakukan satu hal yang sederhana tapi luar biasa.

Misalnya, ada anak muda yang menciptakan produk helm seperti hijab untuk ibu-ibu pengendara motor. Bentuknya keren, kekinian, dan lebih aman dibandingkan helm biasa. Ada juga ciptaan sebuah alat ruang kecil yang fungsinya menginjeksi listrik untuk sayur dan perikanan. Sehingga lebih tahan lama. Ada juga temuan shower yang digunakan untuk mandi dengan cukup hanya satu ember, air yang telah digunakan mandi diproses lagi menjadi bersih, lalu keluar lagi dari shower tersebut. Begitu seterusnya.

STIP di Swedia itu juga menjadi inspirasi lahirnya STIP Park di NTB. Dimana inovasi bisa dikembangkan oleh siapa saja. Disiapkan fasilitas lahan dan kemudahan-kemudahan lain. Dengan catatan, hasil inovasinya dapat ditransfer knowledge kepada masyarakat nantinya.

“Saya bayangkan di masa yang akan datang. Di STIP ini akan menjadi wadah, di mana semua orang bisa menggabungkan sain teknologi dan matematika menjadi jenaka di sini. Dengan demikian, anak anak NTB, dari TK, SD, SMP , SMA hingga kuliah akan mencintai sain dan teknologi dengan biasa. Karena masa depan sekarang bisa dijawab oleh sain dan teknologi,” demikian gubernur.

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Hj. Nuryanti, SE, ME pada bagian lain mengatakan hasil road show mendampingi Gubernur NTB ke beberapa kementerian terkait untuk pengembangan kawasan industri di NTB. Salah satunya adalah komitmen besar Menteri Perindustrian. Menurut Yanti, ada beberapa program perindustrian di NTB yang terintegrasi dibantu pemerintah pusat.  Sedang dipertajam pembahasannya.

Dimana STIP Park nantinya akan menjadi pusat inkubasi bisnis, pusat riset, dan menghasilkan inovasi-inovasi baru, produk baru industrialisasi. Dimana dalam kawasan ini akan dilengkapi dengan pabrikasi untuk mendukung industri manufaktur. “Ada industri manufaktur, ada industri pertambangan  kita dorong, pertambangan rakyat yang selama ini tidak maksimal hasilnya, smelter mini ini kita akan diolah hasil pertambangan dan dapat dijadikan langsung dalam bentuk perhiasan dan sebagainya.  Kawasan smelter ini akan disiapkan,” ujarnya. Soal dukungan ratusan miliar dari pusat, Nuryanti mengatakan untuk mendukung hulu hilir industrial park terpadu. Dan itu sedang diikhtiarkan terwujud. (bul)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional